Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Direktur Penyidikan KPK, Tiga Anggota Polri Adu Peluang

Tiga anggota Polri, terdiri atas satu Brigjen dan dua Kombes, berkompetisi untuk menjadi direktur penyidikan KPK.
Gedung KPK/Bisnis-Abdullah Azzam
Gedung KPK/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga anggota Polri lolos seleksi untuk mengisi jabatan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi. Ketiganya lolos uji kompetensi asesmen oleh pihak ketiga.

Ketiga nama itu adalah Brigjen Setyo Budiyanto yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Pelaksana Tugas Dirdik KPK, Widyaiswara Muda Sespimti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo, dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan Kombes Didik Agung Widjanarko.

"Dari 10 kandidat dirdik, yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni tiga orang yaitu Setyo Budiyanto, Nazirwan Adji Wibowo dan Didik Agung Widjanarko," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (21/7/2020).

Ketiganya, lanjut Ali, bakal menjalani tes kesehatan, wawancara dan presentasi makalah terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi pada 23 - 24 Juli 2020.

Ali meminta peran aktif masyarakat untuk memberikan rekam jejak para calon direktur penyidikan sebagai upaya menemukan pejabat yang berintegritas dan profesional.

"Seluruh tahapan seleksi jabatan struktural ini dilaksanakan dengan tahapan dan cara sebagaimana seleksi jabatan struktural di KPK pada tahun dan periode sebelumnya yaitu secara paralel dilakukan tes asesmen oleh pihak ketiga yang independen kemudian tes kesehatan dan terakhir wawancara dengan pimpinan," kata Ali.

Selain itu, KPK melakukan seleksi jabatan direktur pengolahan informasi dan data (Pinda), direktur pengaduan masyarakat (Dumas) dan koordinator wilayah (koorwil).

Dari enam kandidat, 2 orang dinyatakan lolos ke tahap berikutnya sebagai calon direktur Pinda. Mereka adalah Riki Arif Gunawan dan Indira Malik.

Sementara itu, dari 26 kandidat direktur Dumas, empat orang lolos ke tahapan selanjutnya, Mereka adalah Kunto Ariawan, Tessa Mahardhika Sugiarto, Andre Dedy Nainggolan, dan Tomi Murtomo.

Selanjutnya, Ali menambahkan, dari 64 kandidat koorwil yang lanjut ke tahapan berikutnya ada 18 orang. Mereka adalah:

  1. Aida Ratna Zulaiha
  2. Budi Waluya
  3. Sugiarto
  4. Dian Patria
  5. Asep Rahmat Suwandha
  6. Muchamad Soffan Hadi
  7. Agung Yudha Wibowo
  8. Bernard Sibarani
  9. Aminudin
  10. Rufriyanto Maulana Yusuf
  11. Bahtiar Ujang Purnomo
  12. Febrianto Nugroho
  13. Prabawa Widi Nugroho
  14. Jefri Silitonga
  15. Turman Sormin Siregar
  16. Kumbul Kuswijayanto Sudjadi
  17. Yudhiawan
  18. R. Pitra Andrias Ratulangie

"Untuk direktur Dumas tes kesehatan 28 Juli 2020 dan wawancara 29 Juli 2020. Sedangkan jadwal wawancara koorwil pada 30 Juli 2020 dan 3 - 4 Agustus 2020," ujar Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper