Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendengkul Leher Tiru Kasus George Floyd, Polisi London Diskors

Seorang polisi London diskors karena menangkap seorang warga kulit hitam dengan meniru aksi penangkapan mediang George Floyd dengan menekan leher menggunakan dengkul.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  16:16 WIB
Loading the player ...
Aksi anggota polisi Metropolitan London menekan leher tersangka dengan dengkul. Video: Youtube Evening Standard

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang polisi London diskors karena menangkap seorang warga kulit hitam dengan meniru aksi penangkapan mediang George Floyd dengan menekan leher menggunakan dengkul.

Kejadian aksi mendengkul leher ala penangkapan George Floyd terulang di Islington, London Utara Inggris.

Seorang anggota kepolisian Metro London terlihat menekan leher tersangka dengan dengkul, kendati pria kulit hitam itu sudah diborgol.

Cuplikan video penangkapan di Islington, London utara, pada Kamis (16/7) malam tersebut memperlihatkan dua petugas polisi saat memegangi tersangka yang telah diborgol dan berbaring di trotoar, dengan salah satu di antaranya tampak menekan leher pria tersebut dengan lututnya.

Simak video aksi anggota kepolisian Metro London ketika mendengkul leher tersangka dari video Youtube Evening Standard di atas.

Mengutip berita media lokal, Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa tersangka terdengar berteriak "Menyingkir dari leherku" dalam video tersebut.

"Petugas polisi kedua kemudian ditarik dari tugas operasionalnya menyusul insiden itu, menurut pernyataan dari Layanan Kepolisian Metropolitan London," tulis lapran Xinhua, Sabtu (18/7/2020).

Kepolisian tersebut juga menambahkan bahwa pihaknya telah menyerahkan kasus itu ke Kantor Independen untuk Perilaku Polisi, lembaga investigasi insiden dan tuduhan yang melibatkan polisi di Inggris.

Berdasarkan pernyataan pihak kepolisian, pria kulit hitam itu "ditangkap di tempat kejadian atas dugaan perkelahian di tempat umum dan kepemilikan senjata ofensif."

Selain itu, Deputi Komisaris Kepolisian Metropolitan London Steve House menyampaikan dalam pernyataan tersebut bahwa rekaman video itu "sangat menggelisahkan," seraya menambahkan bahwa pria yang terlibat itu "kini telah diperiksa oleh dokter kepolisian."

Sejak kematian George Floyd, seorang warga kulit hitam AS, akibat kebrutalan polisi pada Mei lalu, tindak tanduk polisi kini semakin disorot dan diawasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

london George Floyd

Sumber : Xinhua/Antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top