Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilkada Sulut 2020, Dua Bakal Cagub Perempuan Lawan Petahana

Dua bakal calon gubernur perempuan yang sudah mengemuka adalah Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu. Keduanya berpotensi menghadapi petahana Olly Dondokambey.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 18 Juli 2020  |  14:03 WIB
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara optimistis calon kepala daerah perempuan bakal bermunculan dalam Pilkada 2020.

“Kami di Pilgub Sulut 2020 saya ikuti perkembangan itu kalau kemungkinan dari tiga bakal calon, dua bakal calon gubernur bisa saja perempuan,” kata Ketua KPU Sulut Ardiles M.R. Mewoh dalam acara diskusi daring Akses Perempuan di Pilkada 2020, Sabtu (18/7/2020).

Dua bakal calon gubernur perempuan yang sudah mengemuka adalah Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu. Keduanya berpotensi menghadapi petahana Olly Dondokambey.

Ardiles menjelaskan bahwa Sulut tidak sulit memproduksi calon pemimpin perempuan dalam kontestasi politik.

Selain Minahasa Utara dan Minahasa Selatan, daerah yang dipimpin perempuan a.l. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Mudahnya perempuan menjadi calon dan memenangkan kontestasi tak dilepaskan dari kultur di Sulut. Menurut Ardiles, masyarakat Sulut lebih egaliter sehingga memberikan porsi memadai bagi perempuan berkiprah dalam berbagai lini kehidupan.

Meski demikian, dia tidak memungkiri mayoritas kepala daerah perempuan berasal dari dinasti politik lokal. Mereka umumnya adalah istri atau anak dari bekas kepala daerah yang memiliki pengaruh di masyarakat.

“Ini kondisi yang tidak berbeda dari daerah lain,” kata Ardiles.

Pada Pilkada 2020, Sulut akan menggelar satu pemilihan gubernur dan tujuh pemilihan bupati/wali kota.

Daerah tingkat II yang melaksanakan pemilihan adalah Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Pilkada Serentak olly dondokambey
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top