Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhan Prabowo Subianto Pastikan Beli 500 Taktis Buatan PT Pindad

Kementerian Pertahanan mendukung industri alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam negeri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  15:52 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencoba kendaraan perintis buatan PT Pindad (persero) - Dok. Twitter @prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencoba kendaraan perintis buatan PT Pindad (persero) - Dok. Twitter @prabowo

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan siap memesan 500 unit kendaraan taktis (rantis) 4x4 produksi PT Pindad.

Keputusan tersebut diambil Kementerian Pertahanan mendukung industri alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam negeri.

"Kami ingin hidupkan industri dalam negeri. Kami ingin ciptakan lapangan kerja, kami ingin tingkatkan pendapatan bangsa kita," ujar Prabowo di Kompleks DPR RI, Kamis (16/7/2020).

Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap pembuatan 500 unit rantis pada pemesanan tahap pertama dapat selesai pada bulan Oktober mendatang.

Prabowo ingin semua rantis buatan PT Pindad dapat digunakan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI pada 5 Oktober 2020.

"Kami berharap bulan Oktober sudah selesai. Ya, InsyaAllah [saat HUT TNI]," kata Prabowo.

Dia mengatakan dukungan dari Kemhan tersebut selaras dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan industri alusista dalam negeri. Selain itu, Prabowo juga berharap dapat dukungan tersebut dapat mendorong kemajuan PT Pindad.

Meski demikian, Prabowo tidak menutup kemungkinan mempersenjatai negara dengan alutsista produksi luar negeri.

"Jadi memang Presiden ingin industri dalam negeri dibangkitkan ya, kami dukung dari sektor pertahanan. Kalau kami butuh dari luar negeri, ya kami cari dari luar negeri," imbuhnya.

Prabowo diketahui mengunjungi PT Pindad mencoba kendaraan pada Minggu (12/7/2020). Pada kunjungan tersebut, Ketum Gerindra itu mencoba kendaraan taktis 4x4 yang diberi nama Maung.

Dia memastikan Kemhan akan mendukung upaya peningkatan produksi alat utama sistem senjata (alutsista) dalam negeri. Dia menegaskan akan mendukung produk program penelitian dan pengembangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menhan prabowo subianto Pindad
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top