Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gugus Tugas: 55 Daerah Masuk Zona Merah Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 menyatakan hingga saat ini terdapat 55 kabupaten/kota berstatus zona merah atau memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  16:20 WIB
nDokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ruang Ektraksi DNA dan RNA Laboratorium Mikrobiologi RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020). Pengoperasian alat PCR yang dapat memeriksa 1.000 sampel tersebut, diharapkan bisa mempercepat waktu untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Sidoarjo. ANTARA FOTO - Umarul Faruq\n
nDokter patologi klinik menunjukkan cara kerja alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ruang Ektraksi DNA dan RNA Laboratorium Mikrobiologi RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/6/2020). Pengoperasian alat PCR yang dapat memeriksa 1.000 sampel tersebut, diharapkan bisa mempercepat waktu untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Sidoarjo. ANTARA FOTO - Umarul Faruq\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa 10,7 persen atau 55 wilayah di Indonesia berisiko tinggi kasus penularan virus Corona (Covid-19).

Dia mengatakan, selama ini sebagian masyarakat dapat masih memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, sebagian lainnya mudah menyesuaikan diri. Kondisi ini disebabkan karena luas wilayah dan kepadatan tiap daerah berbeda-beda.

Dia merinci data Covid-19 per 5 Juli lalu, sebanyak 20,2 persen dari seluruh 514 kabupaten kota di Indonesia masuk dalam kategori hijau. Sedangkan, zona lainnya sebanyak 34 persen berada di wilayah risiko rendah atau zona kuning.

“35 persen zona risiko sedang atau oranye, dan hanya 10,7 persen zona risiko tinggi atau merah,” kata Reisa saat konferensi pers virtual, Senin (13/7/2020).

Adapun dari data tersebut, 104 kabupaten kota masuk dalam zona hijau. 61 daerah tidak terdampak, dan 43 kabupaten kota tidak mencatatkan kasus baru.

Selain itu, 175 kabupaten kota termasuk dalam risiko rendah penularan Covid-19. Selanjutnya, 180 kabupaten berisiko sedang dan 55 daerah dengan risiko tinggi.

“Data Kemenkes ada 5 provinsi seperti Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Sulawesi tengah, Nusa Tenggara Timur tidak mengalami penambahan kasus per 12 Juli sejak minggu kemarin,” ujarnya.

Meski masih menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk tetap beraktivitas. Meskipun demikian, warga tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan agar aman dan selamat dari ancaman penyakit.

“Patuhi Protokol kesehatan dengan menjaga jarak memakai masker dengan benar mencuci tangan sesering mungkin dan sangat baik apabila menggunakan sabun dan air mengalir selama paling sedikit 20 detik,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top