Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Pesan Jokowi untuk Pemprov Kalteng dalam Penanganan Covid-19

Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kalimantan Tengah mencapai 1.096 orang atau masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan daerah lainnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  20:00 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan
Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah agar terus serius dalam menangani penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Pasalnya, peningkatan jumlah kasus pada 9 Juli 2020 melonjak tajam yakni mencapai 2.657 orang menjadi 70.736 orang. Pada saat yang sama, angka kasus positif di Kalimantan Tengah mencapai 1.096 orang atau masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan pemda untuk mengendalikan kondisi dengan manajemen krisis yang tegas. Partisipasi seluruh masyarakat, jelasnya, perlu didorong agar bersama-sama menyelesaikan penyebaran wabah ini.

"Hati-hati angka yang tadi saya sampaikan bisa bertambah banyak. Ini Jangan dianggap enteng," ujarnyanya saat meninjau posko Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, di Palangka Raya, Kamis (9/7/2020).

Lebih lanjut, Kepala Negara juga menekankan bahwa pemulihan ekonomi harus mendapat perhatian dan penanganan serius atau beriringan dengan sektor kesehatan.

Walhasil, kesamaan sense of crisis harus dimiliki semua pemangku kepentingan, termasuk para pejabat daerah, agar dua sektor tersebut tertangani dengan optimal.

"Oleh sebab itu saya sampaikan di awal krisis ini bahwa pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota, harus siap urusan kesehatan harus siap kendalikan ini," kata Jokowi.

Menurutnya, penyaluran bantuan sosial harus dilakan secepatnya, termasuk stimulus ekonomi kepada UMKM.

Presiden Jokowi meminta agar kontrol harus terus dilakukan agar semua bantuan tersebut diterima oleh semua pihak yang membutuhkan secara cepat dan tepat sasaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kalteng kalimantan tengah covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top