Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anis Matta: Saatnya Pemerintah Jujur Soal Covid-19

Anis Matta menyebutkan transparansi dan kejujuran adalah pilar penting untuk bertahan dan bangkit.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 08 Juli 2020  |  15:05 WIB
Anis Matta - Antara
Anis Matta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan pemerintah sebaiknya mengedepankan prinsip transparansi dan menghindari citra politik terkait kondisi pandemi Covid-19 yang mengarah pada krisis di sejumlah sektor.

Menurut mantan politikus PKS ini bila pemerintah mengedepankan prinsip transparansi dan kejujuran, Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19.

"Dari berbagai krisis yang pernah terjadi di dunia, kita belajar bahwa transparansi dan kejujuran adalah pilar penting untuk bertahan dan bangkit, khususnya transparansi dan kejujuran pemerintah menyampaikan bagaimana kondisi negara sebenarnya dalam melalui krisis ini," kata Anis dalam keteranganya, Rabu (8/7/2020).

Pemerintah, lanjut Anis, juga sepatutnya menyiapkan skenario terburuk sekalipun untuk menghadapi krisis akibat pandemi Corona ini.

"Sebaiknya pemerintah tidak merisaukan soal citra karena yang mendesak adalah menyampaikan apa adanya kepada rakyat," ujar Anis Matta.

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera itu memaparkan skenario terburuk tersebut antara lain mulai dari mitigasi kasus Corona agar tidak melebar terus-menerus hingga masalah fundamental ekonomi.

"Bagaimana sebenarnya kondisi perekonomian kita? Bagaimana kekuatan perbankan kita menghadapi perlambatan ekonomi yang akan berlangsung lama?" kata Anis.

Anis mendorong agar transparansi benar-benar diutamakan pemerintah sehingga masyarakat bisa mengantisipasi dampak dari krisis terutama dampak ekonomi.

"Kejujuran dan transparansi pemerintah penting agar rakyat bersiap-siap, menyusun prioritas, dan mengalokasikan sumber daya dengan tepat," kata Anis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anis matta covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top