Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Gunakan Strategi Pentahelix untuk Redam Wabah Virus Corona

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah menggunakan strategi pentahelix.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  13:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. - menpan.go.id
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. - menpan.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemerintah tengah berupayan mempercepat penanganan Virus Corona penyebab Covid-19. Apalagi,beberapa daerah memiliki penyebaran yang tinggi, salah satunya di Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dalam menangani Covid-19 pemerintah menggunakan strategi pentahelix. Strategi yang dimaksud adalah melibatkan lima unsur, yaitu pemerintah, swasta, organisasi keagamaan, perguruan tinggi, dan media.

Menurut Muhadjir, dalam pentahelix, perguruan tinggi dan akademisi merupakan unsur terpenting. Untuk itu, Menko PMK melakukan rapat koordinasi dengan rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur untuk menguatkan peran perguruan tinggi dalam menangani Covid-19.

Menko PMK mengatakan, di Provinsi Jawa Timur, keterlibatan perguruan tinggi dan akademisi dalam upaya penanganan Covid-19 sudah cukup signifikan.

"Saya lihat juga perkembangannya cukup signifikan dalam penanganan Covid-19 ini. Baik dalam bentuk filantrofi yang dipelopori oleh perguruan tinggi di Jawa Timur, maupun hasil riset yang sangat berharga, bahkan tidak hanya berlaku di Jawa Timur tapi juga memiliki kiprah di tingkat nasional," kata dikutip dalam keterangan resminya Senin (6/7/2020).

Namun demikian, menurut Menko Muhadjir, apa yang telah disumbangkan perguruan tinggi di Jawa Timur belum cukup untuk menangani Covid-19 di Jawa Timur.

Muhadjir mengatakan, kedisplinan terhadap protokol kesehatan dasar seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan hindari kerumunan masih menjadii soal utama. Pemerintah pusat meminta Pemprov Jawa Timur untuk mengkoordinasikan perguruan tinggi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga akan memenuhi fasilitas yang dibutuhkan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

"Untuk fasilitas nanti akan diberi dukungan termasuk reagen PCR kitsnya, reagen ekstrasinya, itu nanti akan diberikan dukungan oleh Menkes," imbuhnya.

Muhadjir meyakini, apabila kasus di Jawa Timur dapat ditekan, maka kasus tingkat nasional juga akan bisa ditekan secara signifikan.

"Karena sekarang faktor yang paling determinan menurut saya berada di Jawa Timur. Kita masih terus berupaya memberikan dukungan dari pusat. Baik itu melalui gugus tugas maupun kementerian kesehatan maupun kementerian yang lain," ujar Menko PMK.

Selain itu, Hotel Grand Surabaya juga akan menjadi tempat penampungan sementara bagi para tenaga kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona muhadjir effendy covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top