Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Covid-19 Melonjak di Penjara San Quentin, California

Data dari California Department of Corrections and Rehabilitation (CDCR) mencatat 832 narapidana di San Quentin dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada pukul 16.00 hari Minggu (28/6/2020) waktu setempat.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  08:06 WIB
Sebuah bangunan terbakar saat aksi protes atas kematian George Flyod di Los Angles, California, Amerika Serikat, Sabtu (30/5 - 2020). Bloomberg
Sebuah bangunan terbakar saat aksi protes atas kematian George Flyod di Los Angles, California, Amerika Serikat, Sabtu (30/5 - 2020). Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Penjara San Quentin di Negara Bagian California mencatat lonjakan kasus virus corona dan mengancam ratusan narapidana lain serta sejumlah staff lembaga pemasyarakatan tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, 832 narapidana di San Quentin dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada pukul 16.00 hari Minggu (28/6/2020) waktu setempat, menurut data dari California Department of Corrections and Rehabilitation (CDCR).

Jumlah tersebut lebih dari seperlima total populasi penjara yang mencapai 3.507 orang. Data tersebut juga menunjukkan bahwa 89 staf penjara San Quentin terinfeksi virus corona. Pejabat sekarang melakukan pengujian massal di San Quentin pada pada tahanan, sedangkan pengujian seluruh staf telah selesai.

"Pada 28 Juni, San Quentin telah menyelesaikan 1.198 tes, dengan tingkat pengujian 485 per 1.000 atau lebih dari lima kali tingkat pengujian negara bagian dan nasional," kata juru bicara CDCR Dana Simas pada Minggu (28/6/2020).

Ia mengatrakan CDCR telah bekerja dengan Departemen Kesehatan Masyarakat California untuk mengembangkan rencana pengujian staf komprehensif yang melibatkan pengujian berkelanjutan terhadap semua staf di semua lembaga pemasyarakatan.

Penjara adalah contoh utama dari lingkungan padat dengan Covid-19 dapat menyebar dengan cepat. Jarak sosial tidak mungkin dilakukan di sel kecil dengan teman sekamar, apalagi di kamar mandi bersama, kamar mandi umum, dan area umum.

Sementara itu, lebih dari 600 orang menghadiri pertemuan virtual melalui Zoom dan Facebook Live pada hari Sabtu untuk membahas krisis yang berkembang. Pertemuan yang dipimpin oleh tiga orang mantan narapidana di San Quentin tersebut mendesak Gubernur Gavin Newsom untuk mengurangi populasi penjara melalui pembebasan awal dan menghentikan praktik transfer antara penjara.

San Quentin adalah lembaga pemasyarakatan tertua di California yang dibangun pada tahun 1852. Penjara ini terdiri dari empat blok sel besar. Hingga Mei 2020, penjara ini masih mencatat nol kasus virus corona, tetapi infeksi melonjak setelah pejabat penjara memindahkan 121 orang dari Lembaga California untuk Pria di Chino pada 30 Mei.

Praktik pemindahan narapidana dari satu fasilitas ke fasilitas lain di negara bagian telah banyak dilakukan dan dikritik karena diduga menjadi penyebab penyebaran virus.

Rencana untuk memindahkan narapidana dari San Quentin ke penjara lain di California Selatan telah dihentikan setelah pengujian tambahan untuk Covid-19 di antara narapidana yang akan dipindahkan mengungkapkan dua kasus positif.

Di seluruh negara bagian, ada 2.112 narapidana dengan kasus aktif Covid-19 dan 391 staf lembaga pemasyarakatan telah terinfeksi. Sedikitnya 21 orang di antaranya meninggal dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjara california Virus Corona

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top