Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pacitan Gempa 5,0 SR, Getaran Dirasakan hingga Yogyakarta

Gempa bumi bermagnitudo 5,0 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari (22/6/2020), getaran dirasakan hingga Yogyakarta dengan Skala III MMI (Modified Mercalli Intensiy).
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  05:12 WIB
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa bumi bermagnitudo 5,0 Skala Richter (SR)  terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari (22/6/2020), getaran dirasakan hingga Yogyakarta dengan Skala III MMI (Modified Mercalli Intensiy).

Laporan Badan Meteorolog, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan efek gempa Skala III MMI seperti getaran ketika truk melintas, yang dirasakan di Karangates, Tulungagung, Wonogiri, Bantul, Sleman, dan Yogyakarta

Lokasi gempa Pacitan 5,0 SR  yang terjadi pukul 02.33 WIB itu berlokasi  di 9,11 Lintang Selatan dan -110,85 Bujur Timur pada  kedalaman 63 kilometer. Adapun pusat gempanya  berada di laut 107 kilometer baratdaya Pacitan.

Selain dirasakan hingga Yogyakarta dengan Skala III MMI, gempa Pacitan 5,0 SR itu juga dirasakan sampai Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, dan Purwokerto dengan Skala II MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Skala I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III, getaran dirasakan nyata, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa pacitan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top