Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Fakta Menarik Tentang Penyu

Berikut 10 Fakta menarik Penyu menurut National Oceanic and Admospheric Administration (NOAA) yang dirilis Selasa 16 Juni 2020.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  20:45 WIB
Penyu sisik - NOAA
Penyu sisik - NOAA

Bisnis.com, MANADO—Selasa 16 Juni 2020 merupakan perayaan hari penyu sedunia (World Sea Turtle Day).

Namun, tahukah Anda sejumlah fakta menarik tentang penyu? Berikut 10 Fakta menarik Penyu menurut National Oceanic and Admospheric Administration (NOAA) yang dirilis Selasa 16 Juni 2020.

1. Penyu hijau (green sea) adalah apa yang mereka makan!

Penyu hijau memiliki keunikan di penyu lainnya karena mereka adalah herbivora, kebanyakan memakan lamun dan alga. Diet ini memberikan tulang rawan dan lemak mereka berwarna kehijauan (bukan warna hijau pada cangkang), dari situlah nama mereka berasal.

2. Penyu bertelur di sarang yang mereka gali di pasir dengan sirip belakang. Kelompok telur disebut clutch.

Mereka biasanya bertelur 100-125 telur per sarang dan akan bersarang beberapa kali, terpisah sekitar dua minggu, selama beberapa bulan. Begitu telur menetas (kira-kira 2 bulan kemudian), tukik menggali sarangnya. Proses ini umumnya memakan waktu beberapa hari. Begitu mereka muncul, penyu kecil bergegas ke laut dan membuat jalan mereka ke lepas pantai menuju lautan terbuka. Penyu menghadapi banyak ancaman, tetapi mereka yang bertahan hidup hingga dewasa sudah berusia puluhan tahun.

3. Suhu pasir sangat penting.

Jenis kelamin penyu, seperti banyak kura-kura lainnya, ditentukan oleh suhu di dalam sarang. Suhu inkubasi yang lebih dingin menghasilkan tukik jantan dan suhu inkubasi yang lebih hangat menghasilkan tukik betina. Suhu yang berfluktuasi antara kedua ekstrem akan menghasilkan campuran tukik jantan dan betina.

Ada sebuah penelitian tentang tren yang mengkhawatirkan saat suhu global naik, dan lebih sedikit penyu jantan menetas dari pantai bersarang.

4. Penyu sisik (hawksbill) menggunakan paruh mereka untuk membantu mengekstraksi mangsa favorit mereka.

Penyu sisik biasanya ditemukan di terumbu karang yang merupakan rumah bagi makanan favorit mereka, spons. Bentuk dan ketajaman paruh mereka memungkinkan mereka menjangkau lubang-lubang kecil dan celah-celah di terumbu karang untuk mencari makanan.

5. Satu spesies penyu bersarang di siang hari.

Sebagian besar penyu bersarang di malam hari, tetapi Kemp’s ridley adalah satu-satunya penyu yang secara rutin bersarang di siang hari.

6. Penyu belimbing (leatherback) telah ada dalam bentuk mereka saat ini sejak zaman dinosaurus!

Penyu belimbing suka bermigrasi, beberapa berenang lebih dari 10.000 mil per tahun antara tempat bersarang dan mencari makan. Mereka juga penyelam ulung dengan rekor penyelaman terdalam mencapai hampir 4.000 kaki — lebih dalam dari kebanyakan mamalia laut. Mereka memiliki ‘papilla’ berduri yang melapisi mulut dan kerongkongan mereka — duri ini membantu mereka menjebak dan memakan spesies mangsa utama mereka, ubur-ubur.

7. Penyu tempayan (loggerhead) menghabiskan 7 sampai 15 tahun pertama (rata-rata 12 tahun) dari kehidupan mereka di laut lepas.

Mereka kemudia bermigrasi ke daerah dekat pantai di mana mereka terus tumbuh dan dewasa. Melalui pelacakan satelit, para peneliti telah menemukan bahwa penyu tempayan di pasifik sangat bermigrasi dalam kehidupannya. Tukik memasuki lautan dari pantai tempat bersarang mereka di Jepang dan Australia. Beberapa individu melakukan migrasi trans-Pasifik melintasi Samudra Pasifik ke tempat mencari makan di lepas pantai Baja California, Meksiko, Peru dan Chili. Itu hampir 8.000 mil!

8. Penyu tidak menarik kembali ke dalam cangkangnya.

Tidak seperti kura-kura lain, penyu tidak dapat menarik sirip dan kepala mereka ke cangkangnya. Cangkangnya yang ramping dan sirip besar berbentuk dayung membuat mereka perenang yang sangat gesit dan anggun. Di dalam air, sirip belakang mereka digunakan sebagai kemudi, untuk bermanuver.

9. Beberapa penyu bersarang dalam kelompok besar, yang disebut ‘arribadas,’ bahasa Spanyol untuk "kedatangan."

Hanya dua penyu ridley, Kemp's ridley dan olive ridley yang memperlihatkan perilaku bersarang arribada ini.

Selama ‘arribada’, kelompok besar betina berkumpul di lepas pantai dan datang ke pantai untuk bersarang dalam jumlah besar, umumnya selama beberapa jam. Ada banyak teori tentang apa yang memicu arribada, termasuk angin lepas pantai, siklus bulan, dan pelepasan feromon oleh betina. Banyak penyu datang ke darat bersama-sama dan banyak sarang diletakkan untuk menetas pada saat yang sama. Ini mengurangi jumlah telur dan tukik yang dapat dibunuh oleh predator.

10. Penyu adalah penyelam laut dalam dan bisa bertahan di bawah air untuk waktu yang lama.

Sebagai reptil, penyu menghirup udara tetapi mereka memiliki kemampuan dalam kondisi alami untuk tetap tenggelam selama berjam-jam pada suatu waktu. Mereka bahkan tidur di bawah air. Kebanyakan penyu menghabiskan seluruh hidupnya di laut, hanya kembali ke pantai bersarang untuk bertelur. Namun, di Kepulauan Pasifik, penyu hijau sering datang ke pantai untuk berjemur di pantai.

Nah, itu dia 10 fakta menarik tentang penyu menurut NOAA. Bagaimana menurut kalian? Sudah tidak sabar menyelam untuk menari bersama penyu di lautan? Musim kering sudah hampir tiba.

Sumber foto-foto NOOA

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyu hewan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top