Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun 2020, Terjadi 6 Kali Gerhana. Berikut Daftarnya

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  09:33 WIB
Peserta melintas di depan gambar bulan dalam fase merah atau
Peserta melintas di depan gambar bulan dalam fase merah atau "blood moon" saat kegiatan Edukasi Pemantauan Gerhana Bulan dan Planet di Universitas Machung, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/7). Kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada siswa SMA serta mahasiswa untuk lebih mengenal ilmu astronomi dengan melihat fase gerhana bulan dan pergerakan planet. - ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA - Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan dan selalu terjadi pada saat fase purnama.

Badan Menteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya yang dikutip Rabu (17/6/2020), pada tahun 2020 ini diprediksi terjadi enam kali gerhana, yaitu:

1.Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Januari 2020 yang dapat diamatidi Indonesia

2.Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 6 Juni 2020 yang dapat diamatidi Indonesia

3.Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali pada sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

4.Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia

5. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 20 November 2020 yang dapat diamati di wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati di Indonesia

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG Gerhana Matahari Gerhana Bulan Total
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top