Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Author

Eko Sulistyo

Sejarawan & Deputi Kantor Staf Presiden 2015-2019

Menurut catatan Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo Alumnus terbaik Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret (UNS) 1994. Dia adalah aktivis mahasiswa era 90-an dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Solo 2003-2008 ini telah membantu Presiden Jokowi sejak menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta

Lihat artikel saya lainnya

Masker, Politisi, Fashionista di Tengah New Normal

Keberadaan masker sebagai pelindung di tengah pandemi Covid-19, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai komoditas pilitik sekaligus komoditas ekonomi bagi dunia fashion.
Protokol dan efektivitas pemakaian masker. Video: BNPB Indonesia
Protokol dan efektivitas pemakaian masker. Video: BNPB Indonesia

Pada era pandemi Covid-19, masker wajah menjadi sarana untuk mencegah penyebaran virus. Namun di tangan desainer mode, masker tidak hanya sebagai penutup wajah untuk melindungi dari virus tapi menjadi tren mode yang memiliki personal style tersendiri. Adapun di Amerika Serikat, masker adalah simbol politik yang merepresentasikan tindakan politik tentang cara menghadapi Covid-19 diantara pendukung kubu liberal dan konservatif.

Dalam artikel di AP News.com 8 Mei 2020 berjudul Face Masks Make a Political Statement in Era of Coronavirus, Presiden Donald Trump telah menolak untuk memakai masker dalam beberapa kesempatan. Trump meyakini citra dan peluang terpilih kembali bisa rusak jika mengenakan masker, karena akan dianggap lebih peduli dengan kesehatan masyarakat daripada pemulihan ekonomi. Sebaliknya mantan Wakil Presiden Joe Biden menyebut Trump ‘bodoh’ karena menyerah pada perilaku ‘palsu maskulin’ dari pada mengenakan masker.

Bagi para pendukung Trump, menolak mengenakan masker adalah sikap untuk menunjukkan seorang Republikan dan keinginan membuka kembali kegiatan ekonomi negara. Bagi pendukung liberal, tindakan pencegahan yang maksimal dan penguncian lebih lama akan memperlambat penyebaran virus. Pengenakan masker dan perdebatan ‘kesehatan versus ekonomi’ menjadi aspek baru dalam perang budaya di AS sejak negeri ini dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Sejak dunia dilanda Covid-19, banyak negara telah memberlakukan penggunaan masker kepada warganya di tempat umum untuk mencegah transmisi tetesan virus SARS-CoV-2. Meski efektivitasnya masih diperdebatkan, masker telah menjadi bagian dari perubahan gaya hidup selain cuci tangan dan menjaga jarak fisik.

Berbeda dengan para politisi, kini para desainer mode mulai merancang tampilan masker sebagai bagian dari tren mode yang memiliki kreatifitas seni. Mereka melihat peluang pasar dari tren masker yang bisa mendatangkan keuntungan di tengah pandemi. Mereka seolah mendekonstruksi pendapat bahwa wajah yang terbuka mewakili modernitas dan pembebasan dari agama, patriarki atau yang lainnya.

Seperti ditulis The Economist dalam dua artikelnya di edisi 30 Mei 2020, Masks and covid-19 dan Paris masked, ada fakta yang menarik bahwa pasar masker berkembang baik di pusat mode dunia di Paris. Sejak Pemerintah Prancis mewajibkan pengenakan masker di tempat umum pada 11 Mei, Paris yang elegan dan memiliki cita rasa tinggi telah mengganti masker bedah warna biru pucat dengan tampilan menyesuaikan coronavirus chic.

Masker hitam kemudian menjadi salah satu tren mode di kawasan modis ibu kota Prancis. Ketika Presiden Emmanuel Macron mampir di sebuah sekolah mengenakan masker biru tua dengan bendera Prancis kecil di sudutnya, pabrikannya dibanjiri pesanan. Kini banyak model masker edisi terbatas di Paris dengan garis-garis Breton simbol gaya militer Prancis terjual habis dalam hitungan menit.

Sekarang banyak negara di mana pemerintahnya mengharuskan orang mengenakan masker ketika berada di ruang publik. Banyak orang berpikir masker melindungi mereka dari hal-hal buruk di udara. Namun dalam kasus Covid-19, penularan virus disebabkan oleh tetesan dan bukan penularan melalui udara. Orang yang paling mungkin terinfeksi adalah yang telah melakukan kontak signifikan dengan seseorang yang terinfeksi.

Masker menahan tetesan pernapasan yang membawa virus, sehingga berisiko lebih aman. Dalam masa normal, pemerintah harus melakukan tes uji kepada masyarakat secara acak untuk mendapatkan bukti kuat sebelum memutuskan kebijakan baru di bidang kesehatan. Namun karena bukan waktu yang normal dan kebutuhan akan kecepatan, membuat itu tidak mungkin.

Keberhasilan negara-negara Asia Timur dalam mengendalikan Covid-19 telah mendukung argumen penggunaan masker. Di Jepang dengan budaya memakai masker paling kuat di dunia, berhasil menjadi salah satu negara dengan tingkat infeksi Covid-19 terendah di dunia. Di banyak kota di Asia Timur, masker telah dipakai selama bertahun-tahun untuk melindungi dari polusi atau penyakit.

Di Barat, mengenakan masker seperti asing. Namun di semua negara di mana masker menjadi kebiasaan umum, epidemi Covid-19 dapat ditekan cepat. Seperti ditulis Alfred W. Crosby (2003), America's Forgotten Pandemic: The Influenza of 1918, masker juga menjadi simbol patriotisme dan berperan menekan pandemi flu Spanyol 1918 dan 1919 di AS. Poster-poster dicetak dengan gambar laki-laki dan anak-anak dengan seruan, “Gunakan sapu tangan dan lakukan bagianmu untuk melindungiku!".

Kini masker tidak hanya menjadi pelindung wajah yang dianjurkan untuk mencegah infeksi. Selain di Paris, di ibu kota Lithuania, Vilnius, pada awal Mei juga berlangsung pekan mode khusus sesuai masa Covid-19 (The Jakarta Post, 6/5).

Tanpa catwalk, hanya papan iklan dan tidak ada kostum mewah yang dipajang, kecuali hanya masker wajah. Dua puluh satu papan iklan tersebar di sekitar kota Warisan Dunia UNESCO menampilkan foto-foto pria, wanita dan anak-anak mengenakan masker sebagai bagian dari Mask Fashion Week.

Masker bisa tampil kreatif dalam industri fashion dan gaya hidup baru selama pandemi. Di tangan para desainer mode, masker dengan sentuhan seni menjadi elegan bagi pemakainya. Selain dapat menjaga orang tetap aman dari Covid-19, masker telah menjadi bagian tren mode bagi fashionista.

Ketika lockdown atau pembatasan sosial telah menghancurkan ekonomi, masker dapat melindungi orang dan membangun kembali ekonomi. Masker memang tidak akan menghentikan pandemi Covid-19 sebagaimana mencuci tangan dan menjaga jarak sosial. Industri masker telah menciptakan gaya hidup dan budaya baru di era kenormalan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Sulistyo
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper