Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Berakhir, Singapura Kurangi Ketergantungan Terhadap Pekerja Asing

Singapura akan berupaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap pekerja asing dengan menggunakan teknologi
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 01 Juni 2020  |  14:10 WIB
Sejumlah orang berjalan di Marina Bay Singapura pada 12 Februari 2020, ketika wabah corona mulai menyergap negara pulau itu. - Bloomberg
Sejumlah orang berjalan di Marina Bay Singapura pada 12 Februari 2020, ketika wabah corona mulai menyergap negara pulau itu. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA— Singapura akan mengurangi ketergantungannya terhadap pekerja asing dengan meningkatkan teknologi otonom setelah pandemi virus corona berakhir.

Dikutip dari Bloomberg, Senin (1/6/2020), Menteri Keuangan II Singapura Indranee Rajah mengatakan ekonomi pascapandemi virus corona harus mengurangi kerja manual dan menambah praktik otonom.

“Populasi lokal bisa mengerjakan lebih banyak pada kegiatan dengan nilai tambah tinggi,” ujarnya.

Topik tentang pekerja asing menjadi utama karena infeksi virus corona menyebar di antara tempat tinggal pekerja asing yang menyumbang 90 persen terhadap total kasus. Adapun, Singapura memiliki 35.000 kasus corona.

Terkait dengan transisi penggunaan teknologi, dia menyebut perlu mendesain ulang sistem infrastruktur dengan investasi yang fokus pada kerja sama energy bersih, layanan kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi sambil mempersiapkan kebijakan yang tepat.

“Namun, ini harus dilakukan bertahap dengan peringatan karena kami tidak bisa menarik semua pekerja secara tiba-tiba,” katanya.

Dia pun menjelaskan tentang program kerja sama kampus manajemen di Singapura dengan World Bank. Kerja sama tersebut akan fokus pada pelatihan orang lansia dan pemerintah daerah level menengah untuk melakukan persiapan.

Meskipun terdampak pandemi, sumber pendanaan internasional tetap tersedia dan sangat ingin mendukung energi bersih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura pekerja asing ekonomi singapura Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Duwi Setiya Ariyanti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top