Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fadjroel Ajak Pakai Istilah Kenormalan Baru, Jokowi Bilang Normal Baru. Mudik vs Pulkam Jilid II

Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengajak masyarakat menggunakan isitlah Kenormalan Baru untuk padanan Kata New Normal, sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan istilah Normal Baru.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  15:13 WIB
Loading the player ...
Ratas Tatanan Normal Baru di Sektor Pariwisata yang Produktif dan Aman Covid/19, 28 Mei 2020. Video: Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengajak masyarakat menggunakan isitlah Kenormalan Baru untuk padanan Kata New Normal, sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan istilah Normal Baru.

Itulah sebabnya, netizen pun langsung bereaksi karena Jokowi memilih istilah Normal Baru yang dipadukan menjadi istilah Tatanan Normal Baru dalam Rapat Terbatas membahas Tatanan Normal Baru di Sektor Pariwisata, beberapa jam setelah Fadjroel mencuitkan ajakannya itu di akun twiiternya @fadjroeL hari ini, Kamis (28/5/2020) pukul 9.50 WIB.

"#KenormalanBaru adalah istilah yang dibakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI untuk padanan kata asing "new normal". Mari kita gunakan bersama-sama," tulis akun twitter Fadjroel Rachman itu,

Tak lupa, Fadjroel pun menunjukkan arti kata kenormalan baru berdasarkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, yaitu keadaan normal yang baru (belum pernah ada sebelumnya).

Komentar netizen pun beragam. Akun twitter @aharyops mencoba membandingkan padanan kata versi IPPI (Ikatan Penerjemah Pemerintah Indonesia) yang mengartikan New Normal dengan padanan kata Tatanan Kehidupan Baru.

Akun twitter @aharyops itu juga membandingkan istilah yang digunakan Presiden Jokowi saat Rapat Terbatas Kamis siang (28/5/2020) dengan nama Ratas Tatanan Normal Baru Sektor Pariwisata.

Secara eksplisit, Jokowi pun menggunakan istilah Tatanan Normal Baru saat memberikan sambutan pembukaan dalam Ratas tersebut. Simak videonya dari akun Youtube Sekretariat Presiden di atas.

Selain dibandingkan dengan padanan kata Normal Baru versi Jokowi, oleh akun twitter @GoneBeAlright perbedaan padanan kata Normal Baru vs Kenormalan Baru malah dikonotasikan sebagai perbenturan arti antar mudik dan pulang kampung (pulkam). Polemik yang sempat mencuat saat heboh kebijakan pelarangan mudik beberapa hari lalu.

"Istilah mudik dan pulang kampung, sdh direvisi belum sesuai ucapan mantan gubernur DKI Jakarta?", komentar akun twitter @GoneBeAlright itu.

Anda ingin memberikan masukan mengenai pemikiran Fadjroel Rahcman mengenai Kenormalan Baru untuk padanan kata New Normal? Silakan tulis komentara Anda di postingan twitter @fadjroeL berikut ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi fadjroel rachman New Normal
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top