Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BNPB Akui Ada Beberapa Daerah Alami Peningkatan Kasus Covid-19

Masyarakat diminta untuk mematuhi ketentuan mengenai pembatasan perjalanan manusia agar dapat menekan potensi peningkatan penyebaran virus corona di berbagai daerah.
Aprianus Doni & Nyoman Ary Wahyudi
Aprianus Doni & Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 25 Mei 2020  |  16:06 WIB
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\n\n
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo mengakui masih ada beberapa daerah yang mengalami kenaikan jumlah individu yang positive terjangkit virus corona.

Menurut Doni, masih terdapat beberapa daerah yang mencatatkan kenaikan grafik jumlah orang yang positif terjangkit Covid-19, meskipun sejumlah daerah lain secara bersamaan mengalami penurunan.

Untuk itu dia meminta masyarakat untuk mematuhi ketentuan yang mengatur mengenai mobilitas masyarakat, yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. 

“Saya tegaskan ulang pentingnya bagi kita semua untuk ikuti ketentuan di surat edaran tersebut. Di mana setia orang yag berpergian ke luar kota wajib menunjukkan surat keterangan mengikuti rapid test atau tes PCR, di tiap pintu pemeriksaan seperti bandara, pelabuhan dan cek poin di jalur darat,” ujarnya dalam konferensi pers daring, Senin (25/5/2020).

Dia menegaskan bahwa masyarakat harus memahami ketentuan mengenai kadaluarsa hasil tes virus corona. Dalam hal ini hasil pemeriksaan rapid test memiliki masa kadaluarsa tiga hari dan PCR tujuh hari.

“Apabila masyarakat tidak bisa menunjukkan surat keterangan yang sah, maka aparat gabugan dari kepolisian, Satpol PP, dan unsur TNI berhak meminta Anda kembali ke tempat semula,” katanya.

Dia mengaku berharap wabah ini dapat segera berakhir. Meskipun menurutnya hingga saat ini belum ada kepastian kapan vaksin Covid-19 dapat ditemukan.

Doni juga menyebutkan penemuan vaksin berpotensi memakan waktu yang lama, sehingga masyarakat perlu menyesuaikan diri untuk tetap waspada dengan virus dan wabah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Virus Corona Doni Monardo
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top