Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rayakan Idulfitri saat Pandemi Dinilai Lebih Khusyuk

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuturkan esensi dari Idulfitri akan lebih khusyuk dan baik pada tahun ini di tengah pandemi Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  12:09 WIB
Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat di kediaman Jusuf Kalla, Jakarta, Senin (17/15/2018). - Bisnis/M. Ridwan
Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat di kediaman Jusuf Kalla, Jakarta, Senin (17/15/2018). - Bisnis/M. Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuturkan esensi dari Idulfitri akan lebih khusyuk dan baik pada tahun ini di tengah pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 telah menyadarkan pada kita semua, bahwa ada hal yang kemudian kita kembali kepada esensi dasar kita sebagai makhluk Allah SWT,” ujar Pramono melalui keterangan tertulis, Minggu (24/5/2020).

Pramono menegaskan Lebaran tahun ini memiliki perubahan yang mendasar ketimbang di tahun-tahun sebelumnya.

”Kita sudah dilarang oleh pemerintah untuk tidak boleh pulang kampung, tidak mudik, tetapi esensi dari Idulfitri saya melihat akan lebih khusyuk, lebih baik pada tahun ini. Karena apa? Kegiatan hura-huranya berkurang,” kata dia.

Terlebih, menurut dia, saat menjalani ibadah puasa waktu untuk berdoa lebih intens dan relatif banyak.

”Salat kita lebih khusyuk, puasa kita lebih baik. Kemudian mudah-mudahan apa yang kita jalani selama puasa ini akan membawa kita pada perayaan Idulfitri yang lebih baik, lebih khusyuk, dan lebih mengena di hati kita,” ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, larangan mudik untuk bersua dengan keluarga di kampung halaman dapat disiasati dengan kemajuan teknologi dan informasi.

”Saya yakin untuk kembali ke fitrah Idulfitri kali ini bisa kita jalani dengan baik. Kita juga bisa saling maaf memaafkan dengan keluarga kita semua,” tandas Seskab.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu (24/5/2020).

Selain bersama Ibu Negara, putra bungsu Jokowi yakni Kaesang Pengarep, juga turut mengikuti salat idulfitri berjamaah tersebut.

Melalui akun instragram pribadinya, Jokowi menegaskan, di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dia tidak menggelar open house, mudik dan salat led di lapangan pada hari Lebaran tahun ini. Dia pun menyampaikan pesan khusus bagi masyarakat dalam merayakan Idulfitri tahun ini.

“Memang ini berat, tapi kita alami dan hadapi bersama-sama. Semoga pandemi ini segera berlalu agar kita dapat bertemu dan saling melepas rindu.” kata dia, Minggu (24/5/2020)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran lebaran 2020
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top