Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Percepat Deteksi Corona, Bank DBS Indonesia Sumbang Ribuan Alat Tes Covid-19

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia untuk menyalurkan bantuan berupa alat tes deteksi virus corona untuk para tenaga medis Indonesia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  21:39 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan. - Bisnis/Juli Etha Ramaida Manalu
Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan. - Bisnis/Juli Etha Ramaida Manalu

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia untuk menyalurkan bantuan berupa alat tes deteksi virus corona untuk para tenaga medis Indonesia.

Adapun, perincian bantuan berupa peralatan medis tersebut antara lain 100.000 Rapid Test Kits, 15.000 Virus Transport Medium (VTM) Kits, 5.000 Swab Test Kits, serta dua mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dan perangkat tesnya sebanyak 3.000 unit yang akan disalurkan secara bertahap.

Selain mendonasikan fasilitas medis, Bank DBS Indonesia juga memberikan donasi kebutuhan dasar pokok senilai SGD2,5 juta atau setara dengan Rp26,2 miliar kepada pekerja harian yang dirumahkan atau terkena PHK akibat pandemi ini.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengaku gembira karena bantuan tersebut akan sangat percepatan penanganan Covid-19.

“Saya dari lubuk hati saya yang paling dalam, mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah banyak sekali bekerja sama sejak mungkin tahun 2014 hingga saat ini. Saya senang tadi bahwa Kepala BNPB sudah mengatakan bahwa ini akan segera dibagikan ke tempat yang membutuhkan sehingga membuat lebih efektif lagi kita bekerja untuk penanganan Covid-19 ini,” katanya dalam Video Conference Acara Penyerahan Bantuan Fasilitas Kesehatan Covid-19 dari Bank DBS Indonesia di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, upaya semua pihak dalam meredam pandemi, perlahan tapi pasti mulai memperlihatkan hasil baik.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan bahwa dengan semakin banyaknya akses untuk tes maka akan membantu upaya penanggulangan laju penyebaran Covid-19 lebih cepat.

"Jadi kami rasakan sangat penting untuk mendonasikan beberapa jenis fasilitas tes Covid-19 kepada Pemerintah,” katanya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo yang juga hadir dalam seremonial virtu penyerahan donasi itu pun berterima kasih atas partisipasi Bank DBS Indonesia yang akan memperkuat strategi Gugus Tugas dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pasalnya, ketersediaan fasilitas tes dan hasil yang semakin cepat akan mempercepat kinerja penangangan Covid-19 atau sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yakni 'pemeriksaan yang masif dan pelacakan yang agresif'.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dbs Virus Corona Luhut Pandjaitan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top