Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Didi Kempot Sering Tampil Bareng Eko Gudel, Jarang dengan Mamiek Prakoso

Selama berkiprah musik, almarhum Didi Kempot lebih sering tampil bersama sang adik Edi Gudel dan boleh dibilang jarang atau bahkan tak pernah tampil berkolaborasi dengan sang kakak, almarhum Mamiek Prakoso.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  13:46 WIB
Loading the player ...
Eko Gudel jadi MC saat Didi Kempot manggung bareng sang istri Yan Vellia di Bandar Lampung September 2019. Video koleksi Youtube Timbul Solo Shooting

Bisnis.com, JAKARTA - Selama berkiprah musik, almarhum Didi Kempot lebih sering tampil bersama sang adik Edi Gudel dan boleh dibilang jarang atau bahkan tak pernah tampil berkolaborasi dengan sang kakak, almarhum Mamiek Prakoso.

Didi Kempot bernama asli Didik Prasetyo adalah empat bersaudara pasangan Ranto Edi Gudel dan Umiyati Siti Nurjanah.

Ranto Edi Gudel dikenal sebagai seorang pelawak, pemain ketoprak, dan pelantun gending-gending jawa.

Pasangan Ranto Edi Gudel-Umiyati dikaruniai empat anak, yaitu secara berturut-turut Lilik Subagyo, Mamiek Prakoso, Didik Prasetyo (Didi Kempot), dan Eko Guntur Martinus (Eko Gudel).

Dari empat anak Ranto Edi Gudel itu, yang memilih karier panggung hanyalah ketiga anak lelakinya, yaitu Mamiek Prakoso, Didi Kempot, dan Edi Gudel.

Mamiek Prakoso berkarir sebagai pelawak dan besar bersama Grup Sri Mulat, sedangkan Didi Kempot memilih berkarir sebagai penyanyi dangdut Jawa.

Sementara itu, Eko Gudel memilih melawah mengikuti jejak sang Ayah Ranto Edi Gudel. Yaitu melawak di sela-sela sesi humor wayang kulit (disebut dengan goro-goro).

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa mereka bertiga tidak tampil berkolaborasi?

Tampil bertiga memang belum pernah, tapi Didi Kempot terlihat sering tampil bersama sang adik Eko Gudel.

Penampilan perdana mereka adalah ketika Eko Gudel tampil sebagai penari dalam video klip lagu-lagu Didi Kempot. Eko Gudel memang tampil luwes menari model jawa saat mengiringi beberapa video klip Didi Kempot. Misalnya dalam lagu Cintaku Sekonyong-Konyong Koder yang diluncurkan tahun 2010 berikut ini.

Format kolaborasi Didi Kempot-Edi Gudel juga sering disajikan Didi Kempot ketika tampil live di panggung.Biasanya, Edi Gudel tampil sebagai MC sembari melawak dan menyanyikan lagu ketika sesi istirahat Didi Kempot.

Namun, jarang sekali atau bahkan tidak pernah Didi Kempot tampil berkolaborasi dengan almarhum sang kakak, Mamiek Prakoso. Mereka berdua pernah muncul bareng di TV One, tetapi dalam format acara talk sow, seperti yang diunggah akun Youtube World News berikut ini.

Apakah karena tone lawakan Mamiek tidak sama seperti Edi Gudel yang sangat menyantu dengan penampilan panggung Didi Kempot? Hanya The God Father of Broken Heart Didi Kempot yang tahu?

Yang jelas Mamiek Prakoso, Didi Kempot, dan Eko Gudel adalah trio seniman otodidak yang lahir dari seorang seniman sejati Ranto Edi Gudel.

Setelah Mamiek Prakoso meninggal 3 Agustus 2014 dan Didi Kempot berpulang hari ini Selasa (5/5/2020), tinggal Eko Gudel yang meneruskan darah Seni Ranto Edi Gudel.

Ketika tidak ada lagi panggung Didi Kempot, sepertinya Eko Gudel akan terus menekuni kiprah seninya sebagai seorang pelawak wayang kulit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

didi kempot musik
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top