Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hardiknas, Mendikbud: Guru dan Orangtua Harus Bersinergi Optimalkan Pembelajaran

Dalam peringatan Hardiknas, Mendikbud Nadiem Makarim menyebt orangtua dan guru harus bersinergi untuk mengoptimalkan pembelajaran berbais teknologi.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  14:14 WIB
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengajak semua pihak termasuk orangtua, guru, dan murid untuk bersinergi mengoptimalkan pembelajaran melalui penggunaan teknologi.

Informasi yang diterima Bisnis pada Senin (4/5/2029), Covid-19 telah mengubah banyak pola dalam keseharian, termasuk mengharuskan pembelajaran jarak jauh berlangsung dari rumah.

"Untuk pertama kalinya kita melihat dari dua sisi, orangtua untuk pertama kalinya sadar betapa sulitnya mendidik anak. Di sisi lainnya, guru juga menyadari untuk pertama kalinya, bahwa tanpa adanya peran orang tua yang baik, maka pendidikan anak ini tidak akan sukses," terang Nadiem

Salah satu pembelajaran dari krisis akibat Covid-19 adalah keluar dari zona nyaman. Dan di situlah, pembelajaran yang baik dapat terjadi. Jadi, keluarga, guru dan murid merupakan satu tim untuk menyukseskan pendidikan anak.

"Satu-satunya cara untuk benar-benar belajar dan tumbuh sebagai individu, mau itu murid atau orang dewasa adalah untuk keluar dari zona nyaman kita," ujarnya.

Mendikbud berpesan agar masyarakat melihat kondisi krisis akibat Covid-19 ini dari sisi positif sebagai sebuah pelajaran penting yang berguna untuk masa depan.

“Kita menggunakan kesempatan ini untuk belajar mengenai sains, kesehatan, pendidikan, maupun teknologi. Kita belajar dari krisis ini mengenai kepemimpinan," ungkapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendikbud hardiknas
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top