Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Salah Gunakan Kuasa, Menteri Perdagangan Inggris Mengundurkan Diri

Menteri Perdagangan Inggris Conor Burns mundur dari jabatan karena menggunakan jabatannya untuk kepentingan pelunasan utang ayahnya.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  20:45 WIB
Menteri Perdagangan Inggris Conor Burns yang akhirnya mengundurkan diri, Senin (4/5/2020)/Bloomberg - Perlemen Inggris/Richard Townshend.
Menteri Perdagangan Inggris Conor Burns yang akhirnya mengundurkan diri, Senin (4/5/2020)/Bloomberg - Perlemen Inggris/Richard Townshend.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Inggris Conor Burns resmi mengundurkan diri dari jabatannya, Senin (4/5/2020) waktu setempat. Burns mundur lantaran dirinya terjerat kasus penyalahgunaan kekuasaan.

Seperti dilansir Bloomberg, Senin (4/5/2020), Burns belakangan dinyatakan bersalah dalam kasus yang melibatkan namanya sejak 2019.

Dalam kasus tersebut Burns menggunakan jabatannya sebagai orang pemerintahan untuk kepentingan pelunasan utang ayahnya. Burns kedapatan mengancam pihak pemberi utang bakal menyeret sengketa ke parlemen apabila tanggungan ayahnya tak dianggap lunas.

Yang kemudian menjadi masalah adalah surat itu ditulis Burn menggunakan kop pemerintah Inggris.

"Burns mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan publik dan menyiratkan pengambilan keuntungan atas jabatannya untuk penyelesaian masalah finansial ayahnya," tulis pihak komisioner dalam pernyataan resminya.

Burns pertama kali naik ke jabatan Menteri Perdagangan pada Juli 2019. Hingga artikel ini rilis, Perdana Menteri Boris Johnson belum memutuskan siapa sosok pengganti Burns.

Johnson sendiri sebenarnya merupakan karib Burns. Keduanya sama berasal dari Partai Konservatif. Ketika Boris Johnson mencalonkan diri sebagai Ketua Umum partai tersebut pada 2019, Burns juga masuk dalam lingkaran tim sukses sang Perdana Menteri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri perdagangan inggris

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top