Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asal Kritik, Najwa Shihab Lupa Fungsi DPR

Tanggapan itu disampaikan Saleh atas surat terbuka Najwa yang disampaikan presenter itu dalam akun Instagram milik pribadinya. Najwa menyentil peran serta anggota dewan di saat negara tengah dirundung wabah seperti saat ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  13:50 WIB
Najwa Shihab co-founder Narasi. - istimewa
Najwa Shihab co-founder Narasi. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay menilai presenter Najwa Shibab lupa dengan tugas pokok DPR ketika mempertanyakan peran DPR dalam menangani virus corona baru penyebab wabah Covid-19.

Tanggapan itu disampaikan Saleh atas surat terbuka Najwa yang disampaikan presenter itu dalam akun Instagram milik pribadinya. Najwa menyentil peran serta anggota Dewan di saat negara tengah dirundung wabah seperti saat ini.

“Pernyataan Najwa itu, menurut saya, menunjukkan kalau dia lupa bahwa fungsi DPR itu ada tiga berdasarkan UUD 1945, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan,” ujarnya, Senin (4/5/2020).

Hanya saja karena ada penyebaran wabah Covid-19 maka fungsi dan tugas itu tetap melekat pada DPR.

“Jangan sampai ditafsirkan bahwa karena ada bencana Covid-19, lalu DPR harus berubah fungsi menjadi eksekutor program dan kegiatan kenegaraan. Semua kegiatan pelayanan masyarakat tetaplah dilaksanakan oleh pemerintah.” ujar Saleh.

Menurutnya, Najwa harus tahu bahwa seluruh anggota DPR tidak tinggal diam dalam menghadapi wabah Covid-19. Dia mengatakan semuanya berkontribusi.

Fraksi-fraksi memotong gaji anggotanya untuk disumbangkan ke masyarakat lewat partai. Selain itu, masing-masing anggota juga berbuat dan berbagi dengan masyarakat, katanya.

“Tetapi kalau memandang DPR pakai kacamata Najwa, ya semua pasti salah. Apa yang saya sampaikan di atas pun, bisa jadi dianggap salah. Padahal, saya hanya berniat untuk meluruskan sesuai dengan apa yang saya ketahui,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyesalkan pernyataan Najwa yang menggeneralisir kritikannya atas kinerja anggota DPR di tengah situasi pandemi Covid-19. Menurut Sahroni, saat ini justru banyak rekan-rekannya di DPR yang tengah bekerja keras untuk konstituennya, termasuk saat kondisi pandemi Covid-19.

Sahroni bahkan mengatakan bahwa bahkan sudah ada anggota DPR yang meninggal karena positif Covid-19, tidak lama setelah membagikan APD kepada konstituennya.

Karena itu, Sahroni menyayangkan kritikan dari Najwa yang menggeneralisasi, seolah-olah seluruh anggota DPR menggunakan kesempatan adanya pandemi untuk memuluskan agenda-agenda yang dinilai merugikan rakyat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Najwa Shihab covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top