Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Produsen Sepatu Adidas PHK 2.500 Pekerjanya

PT Shyang Yao Fung melakukan PHK kepada 2.500 karyawannya di salah satu fasilitas produksinya yang berlokasi di Tangerang, Banten.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 03 Mei 2020  |  15:18 WIB
Adizero Sub 2  - Adidas
Adizero Sub 2 - Adidas

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali terjadi di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Kali ini terjadi kepada karyawan PT Shyang Yao Fung yang merupakan produsen produk sepatu kelas dunia Adidas.

PT Shyang Yao Fung melakukan PHK kepada 2.500 karyawannya di salah satu fasilitas produksinya yang berlokasi di Tangerang, Banten. Perusahaan tersebut juga memutuskan untuk menutup fasilitas produksi di daerah tersebut.

Kabar mengenai PHK ribuan karyawan perusahaan itu dibenarkan oleh Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko. 

“Iya benar, memang ada PHK, tetapi sebetulnya perencanaannya sudah dua atau tiga tahun yang lalu karena mereka sudah membangun pabrik di Brebes,” ujar Eddy kepada Bisnis, Minggu (3/5/2020).

Meski melakukan PHK untuk karyawan pabrik di Tangerang, tetapi Eddy mengungkapkan perusahaan tersebut berencana untuk terus menambah pekerja untuk pabriknya di Brebes, Jawa Tengah. 

Selain karena adanya fasilitas produksi yang ada di Brebes, Eddy mengakui bahwa pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu alasan yang mendorong perusahaan tersebut untuk melakukan PHK terhadap 2.500 karyawannya. 

“Memang karena faktor situasi Corona juga. Kalau dirumahkan kan juga kita harus bayar, sedangkan Corona ini tidak tahu sampai kapan akan terjadi hingga diputuskan untuk di-PHK,” jelasnya.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan meski dihadapkan pada kondisi yang sedang sulit, tetapi PT Shyang Yao Fung tetap berkomitmen untuk memenuhi seluruh hak-hak karyawan yang kena PHK.

"Sudah dipastikan hak-hak para karyawan [yang kena PHK] akan dipenuhi," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

phk aprisindo Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top