Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar dari Covid-19, Mendikbud Nadiem Makarim Fokus pada Inovasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim berpesan agar masyarakat belajar dari pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Nadiem dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ia pimpin secara virtual, Sabtu (2/5/2020).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  09:21 WIB
Ilustrasi-Guru pengawas mendampingi siswa tuna rungu dengan bahasa isyarat saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) di Sekolah Luar Biasa (SLB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (8/4/2018). - Antara
Ilustrasi-Guru pengawas mendampingi siswa tuna rungu dengan bahasa isyarat saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) di Sekolah Luar Biasa (SLB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (8/4/2018). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim berpesan agar masyarakat belajar dari pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ia pimpin secara virtual, Sabtu (2/5/2020).

Khusus di bidang pendidikan, Nadiem mengutarakan apresiasinya kepada tiga komponen penting dalam pendidikan yakni siswa, guru dan murid yang dapat berinovasi dan bereksperimen dalam kondisi saat ini.

“Guru, siswa dan orang tua akhirnya sadar bahwa pendidikan itu bukan hanya sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah tapi pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga pihak ini,” tutur Nadiem.

Tanpa kerja sama tiga pihak ini, menurut Nadiem, kolaborasi dalam bidang pendidikan yang efektif tidak mungkin bisa terjadi.

Nadiem mengatakan dirinya menyadari bahwa sebagai masyarakat, kita saat ini belajar betapa penting kesehatan, kebersihan dan norma-norma kemanusiaan.

Timbulnya empati dan solidaritas di masyarakat kita saat pandemi Covid-19 merupakan pembelajaran yang menurutnya harus dikembangkan, bukan hanya saat krisis tapi saat krisis ini sudah berlalu.

“Belajar memang tidak selalu mudah, ini saatnya berinovasi, ini saatnya kita berekperimentasi, inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” imbuh Nadiem.

Terakhir, Nadiem menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menerapkan imbauan Presiden untuk hidup bersih dan sehat dan mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inovasi hardiknas Nadiem Makarim
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top