Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringatan Hardiknas 2 Mei: Mendikbud Nadiem Makarim Apresiasi Para Guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasinya kepada para guru. Hal itu disampaikan Nadiem dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpinnya secara virtual, Sabtu (2/5/2020).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  08:58 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasinya kepada para guru. Hal itu disampaikan Nadiem dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpinnya secara virtual, Sabtu (2/5/2020). - youtube/kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasinya kepada para guru. Hal itu disampaikan Nadiem dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpinnya secara virtual, Sabtu (2/5/2020). - youtube/kemendikbud

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasinya kepada para guru. Hal itu disampaikan Nadiem dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipimpinnya secara virtual, Sabtu (2/5/2020).

Dalam amanat pembina upacara yang disampaikannya, Nadiem memutarkan sebuah video. Dalam video tersebut Nadiem menyebutkan saat ini Indonesia sedang menghadapi krisis Covid-19 yang menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat.

“Halo salam dari Mendikbud. Kita sedang melalui krisis Covid-19, krisis yang memakan banyak nyawa dan tantangan luar biasa bagi negara kita,” ujar Nadiem.

Dari krisis ini, ujar Nadiem, banyak sekali pembelajaran yang dapat masyarakat terapkan saat kondisi krisis dan setelahnya, khususnya di bidang pendidikan.

“Untuk pertama kalinya guru-guru melakukan pembelajaran lewat online menggunakan tool-tool baru dan menyadari bahwa pembelajaran bisa terjadi di mana pun,” terang Nadiem.

Orangtua, lanjut Nadiem, untuk pertama kalinya juga menyadari betapa sulitnya tugas guru. Mengingat banyak sekali tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif, sehingga hal itu menimbulkan empati kepada guru-guru yang mungkin tidak disadari orangtua sebelumnya.

Seperti diketahui, peringatan Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei kali ini berlangsung dalam suasana yang berbeda.

Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim dibenarkan memimpin upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional secara virtual.

Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Seno membenarkan hal tersebut melalui pesan singkatnya kepada Bisnis, Sabtu (2/5/2020).

“Iya (di rumah). Tetap sesuai arahan Pemerintah, WFH,” ujar Seno meyebut soal work from home atau bekerja dari rumah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

guru hardiknas Nadiem Makarim
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top