Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perangi Corona, IMF Pinjami Ekuador Rp9,56 Triliun

Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui permintaan Pemerintah Ekuador sebagai bantuan pembiayaan darurat untuk memerangi pandemi virus corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  13:59 WIB
Sebuah mobil bersiap membawa jenazah korban virus corona di Guayaquil, Ekuador. Kota itu belakangan berpenampilan horor akibat begitu banyak jenazah diletakkan di tepi-tepi jalan akibat pemerintah dan masyarakat tak lagi mampu menangani korban virus Covid-19. - Bloomberg
Sebuah mobil bersiap membawa jenazah korban virus corona di Guayaquil, Ekuador. Kota itu belakangan berpenampilan horor akibat begitu banyak jenazah diletakkan di tepi-tepi jalan akibat pemerintah dan masyarakat tak lagi mampu menangani korban virus Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, QUITO – Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui permintaan Pemerintah Ekuador sebagai bantuan pembiayaan darurat untuk memerangi pandemi virus corona jenis Covid-19.

IMF memberikan pinjaman sebesar US$643 juta (Rp9,56 triliun). Pinjaman itu berjangka waktu 5 tahun dengan tingkat bunga 1,05 persen, kata kementerian ekonomi Ekuador sebagaimana dilansir Antara yang mengutip Reuters pada Sabtu (2/5/2020) WIB.

Ekuador adalah salah satu negara Amerika Selatan yang paling terdampak oleh wabah virus baru corona, dengan 24.675 kasus terkonfirmasi dan 883 kematian, dan ditambah 1.357 kematian lebih lanjut yang kemungkinan juga disebabkan oleh virus corona.

"Pendanaan ini akan memungkinkan kami memiliki likuiditas yang diperlukan untuk mendukung pengaktifan kembali ekonomi, dan melindungi lapangan pekerjaan," demikian pernyataan kementerian ekonomi Ekuador.

Wabah COVID-19 di Ekuador meningkatkan tekanan pada Presiden Lenin Moreno untuk tak memenuhi kewajiban melunasi utang Ekuador senilai US$17 miliar (Rp252,87 triliun), dan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk memerangi pandemi Covid-19 yang telah membuat mayat-mayat tergeletak di jalan-jalan Guayaquil, kota kedua terbesar di negara itu setelah ibu kota Quito.

Presiden Moreno berjuang untuk menutupi pengeluaran US$3 miliar dari badan-badan multilateral dan China, tetapi masih mendapatkan komitmen kuat dari para kreditor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf ekuador Virus Corona

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top