Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelonggaran Lockdown: Italia Bersiap Membuka Diri

Italia bersiap untuk melonggarkan lockdown mulai pertengahan Mei 2020, jika tidak ada lonjakan kasus baru di negara ini.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 30 April 2020  |  18:26 WIB
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte - wikipedia
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Italia bersiap untuk melonggarkan lockdown mulai pertengahan Mei 2020, jika tidak ada lonjakan kasus baru di negara ini.

“Kami dapat melanjutkan pelonggaran lockdown dengan pengukuran yang tepat. Jika grafik tidak menunjukkan penambahan angka baru, kami akan membolehkan toko, restoran dan jasa lainnya untuk beroperasi,” kata Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, dikutip Bloomberg, Kamis (30/4/2020).

Conte mengakui bahwa banyak kebijakannya yang memicu perdebatan, tetapi dia menekankan bahwa pembukaan ekonomi secara penuh berisiko kembali memacu angka kasus infeksi Covid-19.

Italia merupakan episentrum penyebaran virus corona di Eropa, dengan jumlah kasus mencapai 203.000 dan total kematian 27.000 orang.

Negara ini bakal membuka ekonominya secara bertahap, setelah menjalani lockdown sejak 4 Mei 2020. Sektor konstruksi dan manufaktur dijadwalkan kembali beroperasi pada pekan mendatang, sedangkan ritel dan museum buka pada 18 Mei 2020.

Sementara itu, bar dan restoran baru bisa dibuka pada Juni. Sekolah pun akan tetap ditutup hingga September tahun ini.

Komitmen Conte yang ingin menutup Italia dengan waktu relatif lama telah mengundang kritikan, terutama dari pemimpin daerah di bagian utara. Dia juga diuji dengan penundaan bantuan bagi pekerja dan pengusaha mikro akibat rumitnya birokrasi.  

Conte berupaya keras untuk menghindari ancaman resesi, saat pemerintahannya memprediksi produk domestik bruto Italia bakal menyusut 8 persen pada tahun ini akibat wabah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Italia Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top