Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

54 Persen Kasus Positif Covid-19 dari Kelompok Usia Produktif

Gugus Tugas Covid-19 mencatat 54 persen kasus positif Covid-19 berasal dari kelompok usia produktif dengan rentang usia 30 - 59 tahun.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 30 April 2020  |  16:36 WIB
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan saat ini jumlah masyarakat yang terinfeksi virus Corona atau Covid-19 didominasi oleh kelompok usia produktif di kisaran 30 tahun sampai dengan 59 tahun.

“Jumlahnya mencapai angka sekitar 54 persen dari total pasien yang positif Covid-19,” kata Yuri saat memberi keterangan di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Kamis (30/4/2020).

Angka itu, menurut Yuri, menggambarkan potensi penyebaran virus di tengah masyarakat masih besar mengingat kelompok usia produktif itu memiliki mobilitas yang tinggi. Bahkan, dia mengatakan, saat ini pasien yang terinfeksi tidak mudah untuk diidentifikasi berdasarkan gejala penyakit yang diderita.

“Di dalam dinamika epidemiologi kita tidak lagi mengetahui siapa yang terinfeksi virus di sekitar kita. Oleh karena itu batasi aktivitas sosial kita,” kata dia.

Pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 347 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 10.118 kasus. 

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga siang ini, Kamis (30/4/2020).  

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR). 

"Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 10.118 kasus," jelas Yuri.

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 8 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 792 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Di sisi lain, ada sebanyak 131 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 1.522 pasien yang telah sembuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top