Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Trump: Saya Tahu Kondisi Kesehatan Kim Jong-un

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diam-diam tahu soal kondisi kesehatan Kim Jong-un.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 28 April 2020  |  06:51 WIB
Kim Jong un dan Trump - Reuters
Kim Jong un dan Trump - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diam-diam tahu soal kondisi kesehatan Kim Jong-un.

Trump mengungkapkan dia mengetahui kabar pemimpin Korea Utara tersebut dan mengindikasikan bahwa Kim Jong-un masih hidup. Namun, Trump menolak mengatakan bagaimana dia mengetahuinya ataupun menjelaskan lebih lanjut.

“Ya saya tahu. Tapi saya tidak bisa membicarakannya sekarang,” ungkap Trump, menjawab pertanyaan awak media dalam suatu konferensi pers di Gedung Putih pada Senin (27/4/2020) waktu setempat, seperti dilansir melalui Bloomberg.

“Saya hanya berharap dia sehat. Saya harap dia baik-baik saja. Saya tahu bagaimana keadaannya,” tambah Trump.

Meski mengetahui kondisi kesehatan 'mantan' musuhnya itu, Trump mengindikasikan bahwa ia tidak tahu di mana Kim Jong-un tengah berada saat ini.

“Tidak ada yang tahu di mana dia berada," lanjut Trump menanggapi pertanyaan lain tentang orang nomor satu di Korut tersebut.

Kim Jong-un, seorang perokok berat yang berat badannya telah membengkak sejak mengambil alih kekuasaan pada 2011, belum muncul di depan publik selama dua pekan dan untuk pertama kalinya melewatkan perayaan hari lahir mendiang kakeknya dan pendiri Korut, Kim Il Sung, pada 15 April.

Misteri sosok bermodel rambut unik ini pun mendorong jurnalis, diplomat, dan pakar non-proliferasi di penjuru dunia menjelajahi citra satelit, outlet berita pemerintah, dan media sosial tak terverifikasi guna mencari petunjuk tentang kondisi kesehatannya.

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong-un semakin kencang selama akhir pekan kemarin di tengah kabar soal kunjungan tim medis China dan penampakan kereta diduga milik pemimpin Korea Utara tersebut di suatu wilayah.

Sebuah kereta serupa dengan yang pernah digunakan oleh para penguasa Korea Utara tampak diparkir di dekat sebuah kompleks di Wonsan, sekitar 230 kilometer dari Pyongyang, sejak setidaknya 21 April, menurut analisis citra satelit yang dirilis pada Minggu (26/4/2020) oleh situs web 38 North.

Seorang penasihat terkemuka asal Korea Selatan sebelumnya juga menampik pemikiran bahwa Kim Jong-un sedang sakit atau bahkan meninggal.

“Sikap pemerintah kami tegas. Dia [Kim Jong-un] telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April dan tidak terdeteksi pergerakan yang mencurigakan,” terang Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, kepada CNN.

Perkembangan terakhir ini memberi sedikit informasi tentang penguasa berusia 36 tahun itu. Pekan lalu, mencuat informasi bahwa ia sedang dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kim jong un Donald Trump
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top