Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Serikat Pekerja Otomotif Beri Sinyal Dukung Joe Biden di Pilpres AS

Indikasi dukungan itu tampak dari pernyataan Presiden UAW Joe Gamble yang menyatakan ketertarikan terhadap gagasan Biden untuk mengatasi pandemi Covid-19.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 21 April 2020  |  18:45 WIB
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Serikat Pekerja Otomotif asal AS, United Automotive Workers (UAW) mulai mengirim sinyal dukungan untuk bakal calon presiden AS asal partai Demokrat, Joe Biden.

Indikasi dukungan itu tampak dari pernyataan Presiden UAW, Joe Gamble yang menyatakan ketertarikan terhadap gagasan Biden untuk mengatasi pandemi Covid-19.

"Gagasan Biden kurasa berdasarkan pandangan para ahli dan mempertimbangkan aspek sains, pandangannya tentang keselamatan sebagai pertimbangan utama untuk menghidupkan aktivitas ekonomi tidak disertai sentimen partisan," ucap Gamble seperti dilansir Bloomberg, Selasa (21/4/2020).

Sikap Gamble bertolak belakang dengan tanggapannya terhadap Presiden sekaligus calon lawan Biden, Donald Trump. Gamble dan UAW dikabarkan tak senang dengan rencana Trump membuka kembali aktivitas ekonomi di AS pada awal Mei 2020. Sebab, rencana tersebut dituding tak disertai pertimbangan aspek keselamatan.

Hubungan pribadi Gamble dengan Trump juga ditengarai sedang retak. Pekan lalu, saat berdiskusi dengan sejumlah stakeholder industri otomotif, Trump bahkan tak mengundang Gamble.

Adapun gagasan Biden yang mendapat dukungan Gamble tertuang dalam sebuah kolom di media New York Times. Biden, dalam kolom opininya mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum membuka lagi aktivitas ekonomi.

Tiga hal itu antara lain: memastikan angka kasus sudah berkurang drastis, memastikan kesehatan masyarakat, dan memastikan rumah sakit serta tenaga medis siaga untuk antisipasi gelombang kedua.

Pada Pemilu 2016, UAW merupakan pendukung Hilary Clinton. Kendati sudah menampakkan sinyal dukungan untuk Biden, Gamble tetap menggarisbawahi jika organisasinya belum menentukan sikap akhir.

Saat ini UAW merupakan serikat otomotif paling berpengaruh di AS. Organisasi ini terdiri dari para pekeja General Motors Co., Ford Motor Co., dan Fiat Chrysler Automobiles NV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biden Virus Corona pilpres amerika

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top