Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenag: Kami Akan Sediakan Layanan Misa Paskah Jarak Jauh

Kementerian Agama (Kemenag) bersama pihak gereja sepakat untuk meniadakan semua kegiatan keagamaan di gereja yang bersifat mengumpulkan umat. Dengan kata lain, pihak berwajib keagamaan mengimbau masyarakat beragama katholik untuk tidak merayakan paskah di gereja.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 10 April 2020  |  11:33 WIB
Loading the player ...
Koferensi pers dari pejabat Ditjen Bimas Islam, Ditjen Bimas Hindu, Ditjen Bimas Buddha, dan Ditjen Bimas Katolik via Youtube BNPB Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) bersama pihak gereja sepakat untuk meniadakan semua kegiatan keagamaan di gereja yang bersifat mengumpulkan umat. Dengan kata lain, pihak berwajib keagamaan mengimbau masyarakat beragama katholik untuk tidak merayakan paskah di gereja.

Plt. Direktur Urusan Agama Katholik Kemenag FX. Rudy Andiranto mengatakan pihaknya akan mengadakan layanan misa terkait peringatan paskah melalui media konvensional maupun media sosial. Rudy berujar hal tersebut dilakukan agar penganut agama Katholik dapat tetap diam di rumah.

"Kita masih bisa merayakan [hari raya paskah] di Gereja Katedral dengan cara yang sederhana tanpa kehadiran umat. Utuk itu, kami akan memberikan [layanan] misa melalui online live streaming [melalui] YouTube, [atau siaran konvensional di] TVRI, RRI, dan sebagainya," katanya dalam konferensi pers jarak jauh, Jumat (10/4/2020).

Rudy mengingatkan agar pemeluk agama Katholik untuk tetap berada di rumah pada perayaan paskah. Selain itu, lanjutnya, umat beragama Katholik diharapakan untuk saling memperkuat diri dan berdoa di rumah untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Di sisi lain, Rudy mengimbau agar masyarakat untuk tidak pulang ke kampung halaman. Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih jauh lagi.

"Lakukan semua [imbauan pemerintah] dengan disiplin dan jadilah pahlawan. Mari menangkan perang melawan COVID-19. Indonesia bisa, salam tangguh!" ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paskah Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top