Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Zikir dan Istighosah Nasional Tangkal Corona, MUI: Lakukan Secara Daring

Majelis Ulama Indonesia mendukung istigosah dan zikir nasional untuk menangkal pandemi Covid-19. Panitia dapat melaksanakan agenda itu secara daring di tengah aturan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 09 April 2020  |  15:09 WIB
Ilustrasi-Jemaah berdoa setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal di Jakarta. - Reuters/Willy Kurniawan
Ilustrasi-Jemaah berdoa setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal di Jakarta. - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia mendukung penyelenggaraan istighosah dan zikir nasional untuk menangkal pandemi Covid-19. Panitia dapat melaksanakan agenda itu secara daring di tengah aturan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut dan mengusulkan agar Istighosah dan Dzikir Nasional langsung dipimpin Wakil Presiden RI Kyai Ma'ruf Amin yang juga menjabat Ketua Umum MUI.

"Menurut hemat saya sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia," kata Zainut di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Menurut Zainut, berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Tuhan agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk pandemi virus Corona.

Istighosah, lanjut Zainut, secara umum diisi dengan bacaan atau kalimat yang baik seperti zikir, shalawat, hingga pembacaan doa. Kegiatan ini dapat diselenggarakan sebelum diisi dengan agenda menyambut Ramadan.

"Karena ada kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak aman phisical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar [PSBB] maka kami mengusulkan pelaksanaan kegiatan istighosah dan dzikir bersama dilakukan secara online yang disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing," terang Zainut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mui istighosah
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top