Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Iran: Amerika Serikat Melakukan Terorisme Medis

Tudingan tersebut disebabkan pinjaman Iran kepada IMF tak kunjung turun. AS membantah bahwa sanksinya tak termasuk bantuan kesehatan. Iran mengajukan pinjaman US$5 miliar.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 08 April 2020  |  16:41 WIB
Bendera Amerika Serikat - Investingnews.com
Bendera Amerika Serikat - Investingnews.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Iran, Hasan Rouhani, mendesak IMF agar segera menyetujui permohonan pinjaman yang diajukan negaranya dalam rangka menekan dampak virus Corona (Covid-19). Dalam permohonan itu, Iran mengajukan pinjaman sebesar US$5 miliar.

Desakan Hasan tersiar langsung dalam sebuah tayangan di stasiun televisi pemerintah. "Kami adalah anggota IMF dan kami telah menunaikan kewajiban pembayaran kami seperti negara lain. Jadi, kami berhak mendapat akses untuk pinjaman ini," ujar Hasan yang dinukil dari Bloomberg.

Dalam pidato itu tak ketinggalan Hasan juga menyinggung sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) terhadap negaranya. Menurutnya, AS sedang melakukan praktik "terorisme medis" karena tega menjatuhkan sanksi baru di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia itu, khususnya Iran.

Di sisi lain, secara terpisah AS telah mengklaim bahwa sanksinya sama sekali tak mencegah bantuan masuk ke Iran. Untuk itu, mereka menyanggah tudingan terorisme medis yang dilayangkan Hasan.

Adapun sanksi baru yang dimaksud kedua pihak adalah pemblokiran pinjaman yang dipercaya presiden AS, Donald Trump berpotensi disalah gunakan untuk membiayai kaum militan.

Hingga kini Iran sendiri merupakan negara Timur Tengah yang paling terpukul oleh dampak Corona. Total sudah ada lebih dari 62.000 kasus positif di negara tersebut, dengan hampir 4.000 di antaranya sudah dinyatakan meninggal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iran amerika serikat Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top