Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Bantuan 50.000 Alat Tes PCR dari LG Korea Tiba di Indonesia

LG International, perusahan asal Korea Selatan segera merealisasikan bantuan 50.000 buah PCR (polymerase chain reaction) diagnostic test kit untuk menanggulangi wabah virus corona.
Perlengkapan test kit virus corona Covid-19 - Bloomberg
Perlengkapan test kit virus corona Covid-19 - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - LG International, perusahan asal Korea Selatan akan menyalurkan bantuan 50.000 buah PCR (polymerase chain reaction) diagnostic test kit untuk membantu penanganan wabah virus Corona di Indonesia.

Adapun, alat tersebut siap diterbangkan dari Korea Selatan dan akan diterima oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia pada Minggu (5/5/2020).

Lee Chang Hyun, Presiden Direktur LG International Indonesia mengatakan bantuan tersebut merupakan donasi dari 4 perusahaan di bawah naungan LG yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG International Indonesia.

Tes PCR akan mendeteksi materi genetis khusus dalam virus. Metode PCR yang sering disebut dengan swab test ini menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan. Tes ini dilakukan oleh para petugas kesehatan dengan menyeka bagian belakang tenggorokan. Hasilnya memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rapid test.

"Dengan adanya kontribusi dari LG Electronics, LG Chem, LG Innotek dan LG International yang berupa PCR Diagnostic Test Kit, diharapkan dapat turut membantu memerangi wabah Covid-19 di bumi Indonesia tercinta ini,” ucap Lee Chang Hyun melalui keterangan resminya, Sabtu (4/4/2020).

Saat ini kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2.000 kasus. Upaya tes yang lebih masif sangat dibutuhkan untuk menanggulangi wabah ini. Oleh sebab itu, BKPM sangat mengapresiasi kontribusi yang diberikan kepada bangsa Indonesia.

“Ini adalah bentuk kepedulian nyata dari LG. Juga bukti persaudaraan antara Indonesia dan Korea Selatan. Terima kasih banyak. Akan segera kami distribusikan, untuk segera dimanfaatkan,” ujar Tina Talisa Juru Bicara BKPM.

Sebagai informasi, LG merupakan grup usaha dari Korea Selatan yang memiliki beberapa bidang usaha di Indonesia. Perusahaan yang telah lama beroperasi antara lain LG Electronics yang telah berinvestasi di Indonesia selama sekitar 30 tahun.

Selain itu, LG Chem yang telah membuka cabang di Indonesia melakukan usaha trading di bidang petrokimia, LG Innotek yang memproduksi digital tuner dan suku cadang elektronik, serta LG International Indonesia yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit, pertambangan batu bara, dan energi terbarukan.

Berdasarkan data yang ada di BKPM, investasi Korea Selatan sepanjang tahun 2019 lalu berada pada peringkat 7 dengan total investasi sebesar US$ 1,07 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper