Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duterte: Tembak Mati Pelanggar Lockdown!

Duterte meminta semua pihak tidak membahayakan petugas kesehatan termasuk para dokter karena hal itu adalah kejahatan serius.
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Reuters
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperingatkan akan memerintahkan polisi dan militer  untuk menembak mati siapa pun "yang menciptakan masalah" selama penguncian (lockdown) sebulan di Pulau Luzon yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran wabah Covid-19 akibat virus corona.

"Biarkan ini menjadi peringatan bagi semua. Ikuti pemerintah saat ini karena sangat penting bahwa kita memiliki ketertiban," katanya dalam pidato nasional televisi tadi malam seperti dikutip Aljazeera.com, Kamis (2/3/2020).

Dengan tegas Duterte meminta semua pihak tidak membahayakan petugas kesehatan termasuk para dokter karena hal itu adalah kejahatan serius.

“Perintah saya kepada polisi dan militer, jika ada yang membuat masalah, dan hidup mereka (petugas medis) dalam bahaya: tembak mati mereka," ujarnya.

Peringatan Duterte datang setelah penduduk daerah kumuh di Kota Quezon Manila melakukan protes di sepanjang jalan raya dekat rumah-rumah gubuk mereka.

Mereka mengklaim belum menerima paket makanan dan pasokan bantuan lainnya sejak lockdown dimulai lebih dari dua minggu lalu.

Petugas keamanan dan polisi desa mendesak warga untuk kembali ke rumah mereka, tetapi mereka menolak, menurut laporan polisi.

Otoritas kesehatan di Filipina telah mencatat 2.311 kasus Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Setidaknya 96 orang dilaporkan meninggal akibat virus mematikan itu.

Jocy Lopez, 47, yang memimpin kelompok penduduk, mengatakan terpaksa menggelar protes karena mereka tidak memiliki makanan karena dikunci.

"Kami di sini untuk meminta bantuan karena kelaparan. Kami belum diberi makanan, beras, bahan makanan atau uang tunai. Kami tidak punya pekerjaan. Kepada siapa kami berpaling," katanya seperti dikutip PhilStar.com sebelum ditangkap.

Wilayah utama Filipina utara Luzon adalah rumah bagi lebih dari 50 juta orang dan di bawah penguncian selama sebulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper