Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keterlibatan Dunia Usaha Krusial Cegah Virus Corona

Komitmen dunia usaha dibutuhkan dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB), untuk menjamin pemutusan mata rantai virus Corona (Covid-19).
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 02 April 2020  |  16:55 WIB
Foto udara kawasan pabrik di Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara kawasan pabrik di Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Tim Satgas Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menegaskan pentingnya komitmen dunia usaha mewujudkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk menjamin pemutusan mata rantai Covid-19.

Menurut Ketua IAKMI Ede Surya Darmawan menyatakan keterlibatan dunia usaha selama menangani Covid-19 sangat krusial. Misalnya dari keputusan PSBB masih menghadapi kendala karena belum semua usaha masih beroperasi. Misalnya bus kota Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Beberapa contoh lain adalah soal produksi alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan. Dia menilai pentingnya keterbukaan data produksi dalam negeri maupun impor terkait ketersediaan APD. Dia menyebut teriakan tenaga kesehatan terkait minimnya APD juga menambah ketakutan psikis masyarakat.

“Begitu pula untuk penggunaan masker, kami juga imbau kepada tenaga medis yang memakai masker buatan UMKM harus terjamin standar dan higienitasnya, tetapi sekarang banyak dibeli, dipakai, karena takut tidak kebagian,” jelasnya dalam konferensi pers virtual di Zoom, Kamis (2/4/2020).

Oleh sebab itu, Ede menegaskan langkah efektif yang harus segera dilakukan berasal dari kalangan masyarakat. Dia menilai masyarakat memerlukan panduan untuk saling menjaga, saling waspada, sehingga tidak saling menularkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 11/2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Selain itu, pemerintah telah memutuskan membuat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan lockdown untuk memutus mata rantai Covid-19 di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dunia usaha Virus Corona covid-19 alat pelindung diri
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top