Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Corona, MA Minta Hakim Gelar Sidang via Teleconference

Untuk mengantisipasi wabah virus Corona, MA memerintahkan seluruh pengadilan negeri dan pengadilan tinggi agar menggelar perkara pidana dari jarak jauh, atau teleconference. Kebijakan ini sudah sesuai dengan Memorandum Ketua MA yang dibuat pada 26 Maret 2020.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  12:13 WIB
Gedung Mahkamah Agung Indonesia. - Dok. Istimewa
Gedung Mahkamah Agung Indonesia. - Dok. Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) memerintahkan seluruh Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi agar menggelar perkara pidana dari jarak jauh sebagai antisipasi makin menyebarnya virus Corona (Covid-19).
 
Juru Bicara MA, Abdullah, mengatakan bahwa hal tersebut sudah diatur dalam Memorandum Ketua MA bernomor 72/DJU/PS.00/3/2020 dengan tanggal 26 Maret 2020.
 
Kendati demikian, menurut Abdullah, aturan itu hanya berlaku selama masa darurat bencana virus corona atau covid-19, agar para hakim terhindar dari penyebaran virus Corona.
 
"Jadi sesuai dengan Memorandum Nomor 72/DJU/PS.00/3/2020 tanggal 26 Maret 2020, semua persidangan perkara pidana dapat dilakukan secara jarak jauh atau teleconference," turturnya kepada Bisnis, Sabtu (28/3/2020).
 
Dia juga meminta para hakim untuk berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Rumah Tahanan (Rutan) maupun Lapas agar berperkara dari jarak jauh, tanpa harus hadir ke pengadilan negeri atau pengadilan tinggi.
 
"Namun, tetap memperhatikan ketentuan undang-undang yang berlaku," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahkamah agung Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top