Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu Retno: KTT G20 Akan Bantu Negara Berkembang Lawan Covid-19

Setiap kepala negara G20 menunjukkan niat yang tinggi untuk melindungi kehidupan manusia karena wabah Covid-19 berhubungan dengan masalah kesehatan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  12:54 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) saat mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3 - 2020). KTT tersebut membahas upaya negara/negara anggota G20 dalam penanganan COVID/19. Biro Pers dan Media Istana
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) saat mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3 - 2020). KTT tersebut membahas upaya negara/negara anggota G20 dalam penanganan COVID/19. Biro Pers dan Media Istana

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu poin pembahasan dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus G20 adalah membantu negara berkembang dalam menanggulangi Covid-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan beberapa kepala negara menyampaikan mengenai pentingnya negara anggota G20 memberikan perhatian kepada negara berkembang.

Setiap kepala negara menunjukkan niat yang tinggi untuk melindungi kehidupan manusia karena wabah Covid-19 berhubungan dengan masalah kesehatan.

“Termasuk Sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu karena negara-negara berkembang memiliki kapasitas yang berbeda dalam menangani isu Covid-19 ini. Sekali lagi koordinasi, sinergi, solidaritas menjadi ruh dari pertemuan KTT ini,” ungkapnya seperti dikutip dari pernyataannya melalui akun Youtube Kementerian Luar Negeri, Jumat (27/3).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo baru saja berpartisipasi dalam KTT Luar Biasa G20 yang berlangsung pada Kamis (26/3) malam. Agenda utama KTT G20 kali ini bertujuan membahas penanganan isu Covid-19.

Pertemuan kali ini tidak hanya dihadiri oleh organisasi internasional seperti WHO, PBB, IMF dan juga World Bank.

KTT G20 tetap dilakukan karena merupakan bukti kepemimpinan dalam menangani krisis yang terjadi pada saat ini. Seluruh pihak menunjukkan rasa solidaritas dan keinginan kerja sama dan bersinergi.

“Pandemi ini mengingatkan kita saling keterkaitan dan juga [memiliki] kerentanan. Kita tahu bahwa virus ini tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu untuk melawan virus ini maka harus dilakukan kerjasama secara bersama dan terkoordinasi,” katanya.

Retno mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi telah mengungkapkan pesan yang yang sangat kuat, bahwa dunia sedang menghadapi peperangan, yakni perang melawan Covid-19 dan juga pelemahan ekonomi.

Dari pertemuan tersebut, seluruh negara anggota G20 sepakat bahwa terdapat empat poin penting yang menjadi fokus. Pertama, upaya untuk memerangi pandemi. Kedua, memberikan perlindungan ekonomi global. Ketiga, mengatasi disrupsi perdagangan. Keempat, memperkuat kemitraan global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 Virus Corona retno l.p. marsudi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top