Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Gandeng Operator Permudah Belajar Online

Social distancing membuat pemerintah lebih aktif mencari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat khsusunya dunia pendidikan, di tengah pandemi virus Corona.
Ilustrasi anak kecil dengan smartphone/flickr
Ilustrasi anak kecil dengan smartphone/flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperluas kerja sama dengan provider jaringan komunikasi untuk kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Tercatat ada 5 operator komunikasi yakni Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Tri Indonesia dan Telkom dalam penyediaan subsidi data untuk mengakses berbagai aplikasi maupun situs pembelajaran.

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan dukungan para operator telekomunikasi sangat memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dengan memberikan akses internet gratis kepada pelajar, guru, dan dosen.

"Subsidi data yang diberikan operator telekomunikasi sangat membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga tetap produktif di rumah," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (26/3/2020).

Mendikbud mengakui dalam situasi ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah akan optimal. Pasalnya, tidak semua daerah memiliki akses smartphone ataupun koneksi internet yang baik.

"Jadi ini merupakan suatu hal yang menantang. Tetapi kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama ke depan memastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring," ungkap Nadiem.

Ahmad Al-Neama, Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo mengatakan pihaknya memberikan kuota gratis 30GB yang dapat digunakan untuk mengakses platform belajar online sehingga para siswa tetap semangat belajar meskipun dari rumah.

Ahmed menjelaskan kuota internet gratis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-learning dan situs-situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama masa tanggap darurat Covid-19 berlangsung, tanpa menghabiskan kuota internet mereka.

Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang menggunakan solusi Indosat Ooredoo Business dengan menyediakan tambahan kapasitas bandwidth secara gratis, untuk layanan internet dedicated yang ada saat ini untuk mendukung kelancaran perkuliahan daring.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan Telkomsel juga mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset-asetnya. Pada sektor pendidikan, Telkomsel menggandeng beberapa aplikasi e-learning untuk menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia hingga 30GB tanpa biaya bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar Telkomsel untuk mengakses platform belajar daring.

Saat ini sebanyak 39 learning management system (LMS) perguruan tinggi telah terkoneksi dengan Ilmupedia dan menyusul LMS dari 92 perguruan tinggi lain dalam waktu dekat. Pihaknya juga telah menyiapkan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Sementara itu, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan para pelanggan XL Axiata yang merupakan mahasiswa, pelajar, ataupun dosen dan guru juga bisa memanfaatkan kuota gratis 2GB/hari untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah.

Program ini dilaksanakan mulai tanggal 18-31 Maret 2020. Pelanggan dapat mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus atau sejumlah aplikasi edutech yang telah berkolaborasi. Sebanyak 14 perguruan tinggi telah terlibat dan menyusul segera untuk aplikasi learning management system (LMS) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang menaungi e-learning dari 242 perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper