Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Virus Corona Covid-19 'Doyan' Orang Bergolongan Darah A Dibanding O

Dari 206 pasien yang meninggal karena penyakit Covid-19 di Wuhan, 85 merupakan pemilik golongan darah A, dan 52 merupakan golongan darah O

Bisnis.com, JAKARTA - Benarkah ada kaitan golongan darah dan paparan virus corona yang lebih mudah?

Hasil studi di China mengindikasikan bahwa golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus corona dan golongan darah O dinilai lebih memiliki daya tahan dari serangan virus corona.

 Studi dilakukan dengan mengambil sampel dari 2.000 pasien yang terinfeksi virus corona.

Hasil studi kemudian menunjukkan orang-orang dengan golongan darah A mengalami tingkat infeksi paling tinggi.

Dari 206 pasien yang meninggal karena penyakit Covid-19 di Wuhan, 85 merupakan pemilik golongan darah A, dan 52 merupakan golongan darah O.

“Orang dengan golongan darah A perlu mendapatkan perlindungan yang lebih kuat untuk melindungi diri dari infeksi virus corona,” jelas kepala peneliti Pusat Pengobatan di Rumah Sakit Zhongnan, Wang Xihuan, dalam laporan yang ia tulis pada 11 Maret 2020.

Kebalikannya, orang dengan golongan darah O dilaporkan lebih tahan pada paparan virus
corona.

 “Golongan darah O memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap paparan virus corona dibandingkan golongan darah lain,” jelas Wang.

Gao Yingdai, seorang peneliti dari Laboratorium Hematologi di Tianjin yang tidak terlibat dalam proses penelitian ini, kemudian menjelaskan bahwa akurasi studi ini bisa ditingkatkan dengan mengambil sampel yang lebih banyak.

Sampel yang diambil dari 2.000 orang memang sudah cukup banyak, namun dirasa masih kurang untuk mewakilkan 180.000 orang yang telah terinfeksi virus corona secara global.

Ia juga menjelaskan bahwa hasil studi tersebut belum menjelaskan mengenai perbedaan hasil interaksi virus dengan berbagai jenis golongan darah dan apa yang menyebabkan satu golongan darah lebih rentan terhadap virus daripada golongan darah lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper