Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook, Twitter, Google Kompak Perangi Misinformasi Virus Corona

Facebook Inc, Alphabet Inc. Google, Microsoft Corp, Twitter Inc. dan Reddit menjalin kerja sama untuk memberikan informasi yang akurat tentang virus corona.

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook Inc, Alphabet Inc. Google, Microsoft Corp, Twitter Inc. dan Reddit menjalin kerja sama untuk memberikan informasi yang akurat tentang virus corona.

"Kami membantu jutaan orang tetap terhubung sambil juga bersama-sama memerangi penipuan dan informasi yang salah tentang virus, meningkatkan konten otoritatif di platform kami, dan berbagi pembaruan penting dalam koordinasi dengan lembaga layanan kesehatan pemerintah di seluruh dunia," demikian bunyi pernyataan bersama, dilansir Bloomberg, Senin (17/3/2020) 

Microsoft, LinkedIn, Google dan YouTube juga merupakan bagian dari kerjasama kelompok itu. Raksasa teknologi dan jejaring sosial mengatakan perusahaan lain dipersilakan untuk bergabung dengan upaya mereka. 

Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih pada hari ini juga mengatakan telah mengadakan sejumlah pertemuan dengan berbagai kelompok perusahaan teknologi Amerika dan asosiasi industri. 

Chief Operating Officer Facebook Inc. Sheryl Sandberg mengatakan pihaknya kini lebih agresif dalam mengawasi informasi yang salah tentang Virus Corona. Bahkan politisi, selebritas, dan mereka yang memposting di grup pribadi tidak akan dibebaskan dari peraturan.

Awal bulan ini, perusahaan mengatakan akan menghapus konten palsu dan teori konspirasi tentang Covid-19 yang oleh otoritas kesehatan dianggap berbahaya. Sandberg mengatakan Facebook akan menerapkan aturan tersebut bahkan untuk orang-orang berpengaruh. 

"Kami menghapus segala kesalahan informasi berbahaya pada virus corona," katanya dalam sebuah wawancara di Bloomberg Television.

Sejauh ini, Facebook belum melaporkan penghapusan besar, bahkan ketika beberapa politisi meremehkan potensi keparahan virus, dan beberapa selebriti menyebarkan teori konspirasi tentang asal-usulnya. 

Jenis konten yang akan dihapus antara lain seperti posting mengenai informasi palsu tentang cara melindungi diri terhadap virus. Sandberg mengatakan Facebook berbagi informasi berkualitas tinggi dengan selebriti, seperti teknik mencuci tangan yang tepat, dengan harapan mereka akan membagikannya dengan penggemar.

Informasi medis yang salah juga cenderung berkembang dalam kelompok pribadi Facebook, yang lebih sulit untuk dipantau. Namun Sandberg mengatakan bahkan komunitas-komunitas itu akan tunduk pada aturan segera setelah pihak Facebook menemukannya.  

Facebook, Microsoft, Google Bekerjasama Lawan Misinformasi Virus Corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper