Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona, Ini Hoax Soal Kantor Nokia dan Fakta di Klub Olahraga F45

Sejumlah informasi tentang virus Corona tersebar di media sosial. Sulit untuk memastikan kesahihan informasi yang berkembang, mengingat pengirim kabar tersebut tidak jelas sehingga susah untuk menelusurinya.
Ilustrasi-Penumpang kereta commuter line (KRL) menggunakan masker saat berada di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Ilustrasi-Penumpang kereta commuter line (KRL) menggunakan masker saat berada di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah informasi tentang virus Corona tersebar di media sosial. Sulit untuk memastikan kesahihan informasi yang berkembang, mengingat pengirim kabar tersebut tidak jelas sehingga susah untuk menelusurinya.

Salah satu kabar hoax yang beredar menyebutkan adanya kegiatan pembersihan di ruang kantor Nokia.

Kabar itu menyebutkan bahwa rencana pembersihan berupa tindakan disinfeksi di kantor Nokia berlangsung pada Rabu 11 Maret 2020.Disebutkan bahwa proses disinfeksi akan berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai. Kabar yang terkesan disebarkan sehari sebelumnya itu menyebutkan bahwa proses pembersihan berlangsung di level 3, 4, dan 11. Karyawan diimbau untuk mengosongkan kantor dan bekerja dari luar kantor.

Bagaimana fakta sebenarnya? Begini penjelasan pihak HMD Global, pemegang lisensi eksklusif merk Nokia untuk Ponsel dan Tablet

Pihak HMD Global menyatakan bahwa Nokia tidak berkantor di Menara Mulia.

"Terima kasih atas atensi yang diberikan, untuk diketahui HMD Global tidak berkantor di gedung tersebut," ujar Agnes, PR officer perusahaan yang menangani kehumasan HMD Global dalam pesan tertulis kepada Bisnis.com.

Hari ini selain kabar soal kegiatan bersih-bersih di Kantor Nokia, yang sudah dibantah Agnes, muncul pula kabar lainnya dari Klub Olahraga F45.

“Bersama ini kami pihak manajemen F45 Senopati telah mendapatkan informasi dari dinas terkait bahwa pada tanggal 9 Maret 2020 salah satu member F45 Senopati telah diisolasi di RS. Sulianti Suroso. Member tersebut terkait dengan kasus COVID-19 suspect 01 dan suspect 02," demikian penjelasan yang mengesankan pihak Manajemen F45 Senopati.

Informasi tersebut terkonfirmasi dari akun instagram Klub Olahraga tersebut.

Klub olahraga F45 Senopati Jakarta Selatan tutup operasional setelah menerima informasi salah satu membernya positif corona dan diisolasi di RSPI Sulianti Saroso. Pasien corona ini diduga tertular dari pasien kasus 1 atau klaster Jakarta. 

Hal tersebut disampaikan pihak manajemen F45 Senopati dalam keterangan tertulisnya yang diunggah di akun media sosial Instagram @f45_training_senopatinorth.

"Pihak F45 Senopati telah melakukan tindakan preventif sesuai protokol pembersihan dan pencegahan yang dilakukan pemerintah untuk pencegahan COVID-19, per tanggal 8 Maret 2020 dengan menutup gedung dan memberikan desinfektan secara menyeluruh," demikian dalam surat yang beredar dan di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper