Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Corona, Dua Warga Wates Diisolasi Pascapulang Umrah

Dua warga ini diketahui sehabis pulang umrah dan sempat transit di Malaysia. Keduanya menunjukkan tanda-tanda demam dan batuk, meski untuk sementara belum mengarah terpapar Corona. Saat ini keduanya masih di ruang isolasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  12:27 WIB
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengisolasi dua pasien yang baru saja pulang melaksanakan ibadah umrah untuk mengantisipasi virus Corona (Covid-19).

Direktur RSUD Wates Lies Indriyanti di Kulon Progo, Selasa (10/3/2020), mengatakan kedua pasien itu laki-laki berusia 50 tahun. "Keduanya baru saja melakukan perjalanan umrah dan sempat transit di Malaysia. Saat tiba di Indonesia mengeluh batuk," kata dia.

Ia mengatakan kejadian berawal ketika salah satu pasien datang berobat mengeluhkan batuk dan sesak nafas. Saat diperiksa, hasilnya pneumonia. Kemudian, pasien satunya mengeluhkan batuk dan demam, saat diperiksa secara dalam hasilnya bronkitis.

Dua pasien tersebut sedang dirawat di ruang isolasi sementara di Bangsal Gardenia RSUD Wates. Setelah selesai menjalani isolasi beberapa hari, pasien akan dipindahkan di ruang isolasi permanen di gedung baru medik terpadu.

"Saat ini, status pasien dengan pengawasan (PDP)," katanya. Lies mengatakan RSUD Wates masih mengawasi dan mengirim sampel ke laboratorium untuk memastikan bahwa mereka postifi terpapar virus Corona atau bukan.

Pihaknya melaksanakan seluruh tahapan perawatan kesehatan mengacu pada prosedur standar WHO. "Pasien akan terus menjalani isolasi dengan pengawasan ketat sampai dinyatakan negatif COVID-19," katanya.

Sejauh ini, menurut data yang dilansir Kantor Staf Presiden, sudah ada 19 WNI yang positif terpapar virus Corona di Indonesia. Sementara itu, 694 warga lainnya telah diperiksa, dengan 648 dinyatakan negatif. Sisanya, 27 tengah diproses sampelnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona umrah kulon progo

Sumber : Antara

Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top