Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Buntut Foto Tara Basro, FUI Minta Jokowi Copot Menkominfo

Menurut Sekjen FUI, Al Khaththath, foto Tara Basro di Twitter melanggar unsur kesusilaan. Oleh karena itu, Menkominfo, Jhonny G Plate, yang menganggap foto tersedbut tidak bertentangan dengan UU ITE layak dipecat.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  08:11 WIB
Tara Basro - Akbar Evandio
Tara Basro - Akbar Evandio
Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G Plate, karena menganggap foto diduga telanjang model Tara Basro tidak bertentangan dengan UU ITE.
 
Dia mengatakan bahwa model Tara Basro diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 tentang Kesusilaan. Namun, menurutnya, menteri asal Partai Nasdem tersebut menganggap bahwa foto Tara tidak melanggar apapun.
 
"Itu Menkominfo tidak layak jadi Menkominfo, itu seharusnya Presiden Jokowi mencopot Jhonny G Plate. Sudah jelas melanggar kok dibela," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).
 
Sebelumnya, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ferdinandus Setu, juga sependapat bahwa postingan Tara di media sosial Twitter diduga mengandung pornografi dan melanggar UU ITEPostingan Tara, kata pria yang akrab disapa Nando, diduga telah melanggar Pasal 27 ayat (1) tentang kesusilaan.
 
Pasal 27 ayat (1) menyebutkan setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.
 
"Yang jelas kami melihat itu memenuhi unsur Pasal 27 ayat 1 tentang melanggar kesusilaan. Itu menafsirkan ketelanjangan," katanya.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo uu ite Tara Basro
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top