Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecelakaan Ethiopian Airlines, Ethiopia Salahkan Boeing

Biro Investigasi Kecelakaan Pesawat Terbang Ethiopia menyimpulkan secara tentatif bahwa kecelakaan pesawat Boeing 737 Max pada tahun lalu disebabkan kesalahan pada desain rencana dasar pesawat.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 07 Maret 2020  |  20:25 WIB
Kecelakaan Ethiopian Airlines, Ethiopia Salahkan Boeing
Ilustrasi - Pesawat Boeing 737 Max - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Biro Investigasi Kecelakaan Pesawat Terbang Ethiopia menyimpulkan secara tentatif bahwa kecelakaan pesawat Boeing 737 Max pada tahun lalu disebabkan kesalahan pada desain rencana dasar pesawat.

Dikutip dari Bloomberg, Sabtu (7/3/2020), hal itu terungkap dalam draf laporan yang dibuat pihak investigator. Namun, dalam draf laporan itu, tidak banyak disebutkan mengenai peran kinerja Ethiopian Airlines ataupun kru pesawat tersebut.

Hal ini sangat kontras dibandingkan dengan kesimpulan Komite Keselamatan Transportasi Nasional Indonesia yang menyatakan bahwa kecelakaan pada 2018 disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perawatan minim serta keputusan pilot. Kecelakaan 2 tahun lalu itu juga menggunakan pesawat Boeing 737 Max.

Biro Investigasi Kecelakaan Pewasat Terbang Ethiopia berencana merilis laporan interim sebelum peringatan satu tahun kecelakaan tersebut, pada 10 Maret 2020. Laporan interim ini juga akan berisi rekomendasi.

Berdasarkan ketentuan PBB, negara yang berpartisipasi dalam investigasi kecelakaan harus mendapat waktu 60 hari untuk mengomentari laporan akhir. Laporan Ethiopia belum dikirimkan secara resmi sampai seminggu lalu.

Ketentuan ini tidak berlaku untuk laporan sementara, tetapi biasanya tidak menyertakan kesimpulan formal tentang penyebabnya. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) telah menerima salinan draft laporan sementara.

Meski begitu, NTSB menolak untuk mengomentari isi draf tersebut. Juru bicara Boeing yang dikontak oleh Bloomberg juga masih menolak untuk memberikan komentar.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

boeing ethiopian airlines
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top