Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viking Sun Ditolak Risma untuk Antisipasi Virus Corona Masuk Surabaya

Ada dua penumpang Viking Sun suspect virus corona. Pemerintah Kota Surabaya pun melarang kapal tersebut bersandar. Penolakan ini didukung DPRD setempat.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memasuki gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019)./ANTARA-Didik Suhartono
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memasuki gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019)./ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mencegah kapal pesiar Viking Sun yang akan berlabuh di Kota Pahlawan, Jawa Timur, pada Jumat (6/3) setelah mendapat laporan ada dua penumpang di kapal pesiar tersebut yang suspect virus corona (covid-19).

"Saya kirim surat (elektronik) untuk tidak boleh kapal itu penumpangnya turun di Surabaya. Kami menerima surat (laporan) dari Labuhan Bajo (tempat bersandarnya kapal pesiar sebelum ke Surabaya)," ujar Risma di Surabaya, Kamis.

Selain itu, lanjut dia bahwa pihak Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan pakar kesehatan juga tidak merekomendasikan kapal pesiar Viking Sun bersandar di Kota Pahlawan itu.

Menurut dia, surat tersebut tidak hanya menyatakan penolakan terhadap datangnya kapal pesiar Viking Sun. Melainkan surat ini juga diberlakukan bagi kapal pesiar lain yang akan bersandar di Kota Surabaya khususnya yang berasal dan pernah singgah di Negara terjangkit virus corona.

Hal ini, sebut dia dilakukan untuk meminimalisir potensi terkontaminasi dari segala sumber terinfeksi serta demi melindungi warga Kota Surabaya. Sesuai rencana, kapal pesiar Viking Sun bakal bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Jumat, (6/3/2020).

Kapal berbendera Norwegia itu mengangkut sekitar 1.300 orang, baik penumpang maupun awak kapal. Rata-rata penumpang dari Australia dan London. Namun, sebelum tiba di Kota Surabaya, kapal pesiar tersebut berlabuh di Labuan Bajo untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan para penumpang.

Dari hasil pemeriksaan itu, pihak Labuan Bajo menyatakan ada dua penumpang kapal pesiar Viking Sun yang suspectvirus corona. Anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya dari Fraksi PAN, Juliana Eva Wati sebelumnya meminta Pemerintah Kota Surabaya membatalkan Kapal Pesiar Viking Sun dari Norwegia yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Masyarakat saat ini masih gelisah dan khawatir dengan virus corona, meskipun sudah banyak penjelasan dan beberapa hal yang harus dilakukan untuk pencegahan," tambahnya.

Namun, lanjut dia dengan datangnya wisatawan asing yang diperiksa itu, tidak dapat membuktikan secara langsung bahwa wisatawan tersebut tidak terkena virus COVID-19. Apalagi, lanjut dia wisatawan yang turun dari kapal pesiar itu pasti jalan-jalan atau keliling Kota Surabaya.

Tentunya, sebutnya tidak mungkin jika wisatawan dalam perjalanannya tidak menyentuh fasilitas umum (fasum) yang ada di Surabaya. "Paling tidak minimal adalah toilet ataupun bus yang akan digunakan untuk keliling," ujar Juliana Eva Wati yang kerap dipanggil Jeje ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper