Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WNI Terpapar Corona, Menkes: yang Sehat tak Perlu Pakai Masker

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali mengingatkan bahwa masker hanya untuk orang sakit. Hal ini menyikapi kondisi kelangkaan masker di Indonesia di tengah wabah Covid-19 di dunia.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  13:28 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).  - Antara
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali mengingatkan bahwa masker hanya untuk orang sakit. Hal ini menyikapi kondisi kelangkaan masker di Indonesia di tengah wabah virus corona di dunia. 

Dia menambahkan hal tersebut sesuai dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Yang sehat nggak usah. Kenapa? Karena apa? Kalau yang sehat pake juga percuma  dia nanti megang-megang tangannya, tetap saja bisa kena. Dari pada itu mending dia yang menjauhi orang sakit, yang sakit menutup diri,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sementara itu dua orang warga negara Indonesia telah positif terinfeksi virus corna. Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia dan kini berada di Malaysia. 

Dua orang tersebut merupakan ibu dan anak yang masing-masing berusi 64 tahun dan 31 tahun. Keduanya saat ini telah dirawat di ruang isolasi khusus Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta. 

Terawan mengatakan bahwa dua orang berdomisili di Depok, Jawa Barat. Keduanya positif per 1 Maret 2020. 

Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah Indonesia sudah siap dengan segala kemungkinan penyebaran wabah virus corona.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya di Jakarta, Senin (2/2/2020).

Jokowi memastikan, dua pasien yang dinyatakan positif virus corona tersebut saat ini sudah dirawat di rumah sakit dengan pengamanan intensif.

Terkait pencegahan Jokowi memastikan telah menjaga 135 pintu masuk ke Indonesia baik darat maupun udara. Pemerintah memastikan telah memiliki alat pendeteksi sesuai dengan protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu saat ini secara total, virus corona telah menginfeksi 89.070 orang di seluruh dunia. China menjadi pusat penyebaran dengan jumlah pasien 80.026 orang.

Korban jiwa akibat virus corona telah mencapai 3.044 orang. Provinsi Hubei di China mencatat 2.803 korban di antaranya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona terawan
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top