Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penjelasan BMKG Terkait Gempa Nganjuk dan Kediri

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3.9 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.71 LS - 111.98 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 12 km BaratLaut Kediri dengan kedalaman 7 Kilometer.
Peta gempa Kediri/BMKG
Peta gempa Kediri/BMKG

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyampaikan sejumlah penjelasan terkait gempa yang dirasakan di wilayah Nganjuk dan Kediri, Jawa Timur.

"Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,9 yang mengguncang wilah Nganjuk dan Kediri tidak berpotensi tsunami," ujar keterangan tertulis Kepala Stasiun Geofisika BMKG Nganjuk, M. Chudori, Jumat (14/2/2020) sore.

"Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3.9 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.71 LS - 111.98 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 12 km BaratLaut Kediri dengan kedalaman 7 Kilometer," ujar Chudori terkait gempa yang terjadi Jumat, pukul 14:55:04 WIB tersebut.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Nganjuk dan Kediri dengan Skala Intensitas II - III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," tulis Chudori.

Hingga pukul 15:28 WIB, BMKG mencatat terjadi satu kali aktivitas gempa susulan (aftershock).

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," ujar Chudori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : BMKG

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper