Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesan Greta Thunberg di WEF : Pembicaraan Soal Perubahan Iklim Omdo Belaka 

"Semua orang bicara soal perubahan iklim, tetapi tidak ada satu pun yang berbuat sesuatu," kata Greta, Senin (21/1/2020) menyindir isu perubahan iklim yang hanya menjadi bahan perbincangan alias omong doang atau omdo.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  19:10 WIB
Remaja yang juga aktivis perubahan iklim Greta Thunberg berbicara di Montreal, Quebec, Kanada 27 September 2019.  - Reuters
Remaja yang juga aktivis perubahan iklim Greta Thunberg berbicara di Montreal, Quebec, Kanada 27 September 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam World Economic Forum 2020 di Davos, aktivis lingkungan Greta Thunberg menegaskan pesan penting kepada pebisnis dan pemangku kepentingan dunia. 

Greta menyampaikan bahwa hingga saat ini tidak ada seorang pun di dunia yang berbuat lebih untuk perubahan iklim. 

"Semua orang bicara soal perubahan iklim, tetapi tidak ada satu pun yang berbuat sesuatu," kata Greta, Senin (21/1/2020) menyindir isu perubahan iklim yang hanya menjadi bahan perbincangan alias omong doang atau omdo.

Penampilannya dalam World Economic Forum menandakan bahwa persoalan tentang pemanasan global telah menjadi masalah terkini bagi kalangan bisnis. Namun, hanya beberapa eksekutif perusahaan minyak, gas dan batu bara yang hadir dalam panel WEF dengan Greta sebagai pembicara. 

"Iklim dan lingkungan adalah topik hangat saat ini, terima kasih untuk kalangan muda yang telah mendorongnya," ujar Greta. 

Namun, dia menyayangkan ketiadaan aksi yang besar sejak kegagalan menurunkan emisi karbon global.

Kehadiran Greta sekaligus menunjukkan bahwa WEF telah menyalakan alarm terkait dengan perubahan iklim.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, risiko lingkungan menjadi lima isu penting jangka panjang. Sementara itu, para eksekutif mengungkapkan bahwa mereka kian khawatir tentang isu lingkungan. 

Perdebatan isu perubahan iklim ini memaksa eksekutif yang hadir dalam panel WEF untuk merespon isu ini, terutama cara untuk menghentikan karbondioksida dan emisi rumah kaca lainnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perubahan iklim

Sumber : Bloomberg

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top