Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang SKD CPNS 2019, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Dipersiapkan

Seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 dipastikan akan dilaksanakan sesuai jadwal. Menurut BKN, SKD dijadwalkan akan berlangsung mulai 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  12:34 WIB
Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019). Simulasi tersebut untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai seleksi CPNS 2019 menjelang dibukanya pendaftaran pada 11 November 2019 serentak di seluruh wilayah Indonesia. - Antara
Warga mencoba menjawab soal saat mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019). Simulasi tersebut untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai seleksi CPNS 2019 menjelang dibukanya pendaftaran pada 11 November 2019 serentak di seluruh wilayah Indonesia. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 dipastikan akan dilaksanakan sesuai jadwal. Menurut BKN, SKD dijadwalkan akan berlangsung mulai 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.

Tentunya sejumlah hal perlu dipersiapkan untuk mengikuti seleksi tahap kedua tersebut.

1. Siapkan dokumen penting

Ada dua dokumen yang wajib dibawa peserta agar dapat mengikuti proses SKD, yakni Kartu Peserta yang dapat diunduh lewat akun masing-masing di laman SSCN dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pastikan Anda tidak lupa membawa dokumen tersebut saat ujian. Tidak membawa salah satu dari dua dokumen tersebut berarti tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti tahap SKD.

Pada saat ujian, hanya dua dokumen tersebut yang diperbolehkan untuk dibawa masuk ke dalam ruang ujian. Sehingga peserta tidak perlu membawa alat tulis pribadi karena biasanya alat tulis sudah disiapkan oleh panitia.

2. Pantau pengumuman

Pantau secara berkala pengumuman di website resmi instansi yang dilamar untuk mengetahui jadwal dan lokasi tes SKD yang diikuti. Pastikan lokasi tes sudah benar sesuai dengan pengumuman. Bila perlu, survei lokasi tes beberapa hari sebelum ujian.

3. Siapkan pakaian untuk ujian

Peserta yang mengikuti ujian SKD diwajibkan untuk mengenakan kemeja atas berwarna putih polos tanpa corak dan celana panjang/rok berwarna gelap. Celana tidak diperkenankan berbahan jeans dan tidak boleh memakai sandal.

Bagi peserta yang berjilbab diharapkan untuk mengenakan jilbab berwarna gelap. Sebaiknya persiapkan pakaian mulai dari sekarang agar tak kelimpungan saat mendekati hari ujian.

4. Persiapkan diri

Ujian SKD akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Materi ujian akan terdiri atas tiga materi, yakni wawasan kebangsaan (TWK), intelegensia umum (TIU), dan karakteristik pribadi (TKP).

Untuk persiapan, peserta bisa mengerjakan latihan soal-soal CPNS, baik dari buku kumpulan soal CPNS atau tryout online. Selain berlatih soal, perbanyaklah berdoa agar diberi kemudahan menjalankan tes SKD.

Adapun kelulusan SKD akan didasarkan pada nilai ambang batas yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang mengatur nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar.

Setelah SKD, seleksi dilanjutkan ke tahapan SKB. Peserta yang dapat mengikuti SKB adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas serta peringkatnya masuk dalam tiga kali jumlah kebutuhan formasi jabatan yang dilamar.

Kelulusan akhir nantinya akan ditentukan berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dengan bobot 40% dan SKB dengan bobot 60% yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns bkn
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top